WAY DOWN (2021) – SERUNYA AKSI BOBOL GAWANG & BOBOL BRANKAS

Pertandingan sepakbola bagi negara-negara Eropa adalah perayaan yang sangat meriah. Apalagi pada masa-masa piala dunia. Di tahun 2010, ketika FIFA menyelenggarakan Piala Dunia ke-19 di Afrika Selatan, Spanyol dan Jerman berhadapan di semifinal. Pertandingan ini rupanya menjadi ajang pertaruhan bagi Walter (Liam Cunningham) dan timnya untuk menjalankan taktiknya membobol salah satu brankas teraman di dunia di dalam Bank of Spain. Jika Spanyol berhasil membobol gawang Jerman, perhatian besar tentu akan tertuju pada pertandingan tersebut dan taktik mereka akan berjalan dengan lancar. Tapi tentu semua berjalan tidak semudah itu.

Salah satu anggota tim yang baru direkrut untuk aksi pembobolan berangkas tua tersebut adalah Thom (Freddie Highmore), seorang mahasiswa jenius idealis yang menolak berbagai tawaran perusahaan terkemuka karena tidak sesuai visinya. Entah kehausannya pada tantangan atau demi meninggalkan kebosanan hidupnya, Thom langsung mengikuti ajakan Lorraine (Àstrid Bergès-Frisbey) untuk bertemu Walter dan lantas ikut bergabung dalam tim. Kejeniusan Thom terbukti tidak hanya di bangku kuliah saja, tapi juga trik-trik cerdik yang ia berikan untuk memperlancar rencana. Tidak perlu aksi adu jotos dengan para penjaga, juga tidak satu peluru pun terbuang sia-sia, taktik yang dilancarkan Thom bersama rekan-rekan barunya membuat adegan-adegan dalam heist tersebut terasa menegangkan dan asyik untuk ditonton.

Tokoh antagonis yang dihadirkan dalam film ini pun sebetulnya tidak jahat dan kejam. Gustavo (Jose Coronado), lelaki dingin dengan wajah yang tidak pernah senyum ini hanyalah seorang kepala keamanan yang berusaha menjalankan tugas sebaik-baiknya. Kedisiplinan keras yang ia miliki bahkan mengawasi pasukannya agar tidak lengah dalam tayangan Piala Dunia. Ini merupakan tantangan besar baginya, tapi keuntungan bagi Tim Walter.

Hebohnya warga Spanyol dalam menyambut Piala Dunia digambarkan sangat apik dalam film ini. Mereka membanjiri jalan, memakai jersey yang sama dan memasang layar yang begitu besar di pusat kota. Harmoni teriakan dan dukungan mereka pada tim yang mereka cintai secara bersamaan juga meningkatkan adrenalin plot film. Kecintaan pada sepakbola ini juga tercermin secara dramatis pada Simon (Luis Tosar), salah satu anggota tim Walter yang memiliki kenangan menonton pertandingan sepakbola dengan Ayahnya. Akhirnya dalam aksi yang mereka jalankan, ia membawa radio kecil agar tidak kehilangan euforia Piala Dunia dan kenangan dengan Ayahnya.

Walaupun ada pembelotan yang tidak penting di penghujung film, tapi secara keseluruhan, “Way Down” arahan sutradara Jaume Balagueró Bernat (yang sukses dengan seri film REC) dan sekilas mirip dengan kasus Black Swan Project adalah action thriller heist film yang seru dan sangat menghibur.

Share