DETECTIVE CONAN: THE BRIDE OF HALLOWEEN (2022)

Detective Conan is back!

Setelah beberapa kali dikecewakan oleh film-film sebelumnya yang lebih mengedepankan action-plot, film ke-25 dari serial Detective Conan yang berjudul The Bride of Halloween ini kembali ke akarnya dan mengingatkan kenapa kita menyukai Detective Conan, yaitu cerita kuat dengan plot misteri yang menjadi penggerak utamanya.

The Bride of Halloween dibuka dengan pernikahan dua polisi kesayangan kita semua, Detektif Sato dan Detektif Takagi. Namun tragedi terjadi saat seseorang menyusup ke dalam pesta pernikahan dan berusaha menyerang Detektif Sato. Detektif Takagi terluka saat berusaha melindunginya. Di tengah penyelidikannya, Conan terkejut saat penyerangan itu berkaitan erat dengan Toru Amuro, si polisi rahasia, dan mantan rekannya, Jinpei Matsuda, yang juga merupakan anggota polisi yang terbunuh dalam kasus pengeboman. Conan dan kawan-kawan berpacu dengan waktu untuk menemukan dalang di balik kasus ini sebelum korban lain berjatuhan.

The Bride of Halloween ini adalah fanservice yang sangat memuaskan bagi para penggemar serial Detective Conan. Plot twist dan tensi dari film ini membuat penulis betah menonton tanpa merasa bosan. Yang menjadi highlight utama dari film ini adalah internal jokes yang sangat self-aware dengan serial Detective Conan; sebagai contohnya bagaimana seorang suster di rumah sakit menyebutkan bahwa Kogoro Mouri punya resistensi yang cukup tinggi untuk zat sedative (I mean, considering how many times Conan has put him to sleep with his infamous tranquilizer needle, I would imagine he will need enough dose of sedative to tranquilize an elephant to make it work) dan juga jokes mengenai betapa banyaknya kasus kriminal di Kota Beika. Film ini juga menampilkan banyak easter egg yang sudah tidak asing di kalangan penggemar Detective Conan.

Namun hal di atas menjadi pisau bermata dua untuk film ini. Di satu sisi, film ini seperti homage untuk penggemar lama serial Detective Conan, tapi di saat yang bersamaan, penggemar baru mungkin akan sulit untuk mengikuti ceritanya. Film The Bride of Halloween berikatan erat dengan beberapa chapter dari versi serialnya. Penonton yang tidak terlalu update dengan serial, baik komik maupun anime, mungkin akan merasa detached dari film ini.

Secara keseluruhan, film ini merupakan film yang sangat seru untuk ditonton. Dengan plot misteri yang menjadi pondasi utama film, Detective Conan: The Bride of Halloween menyajikan kisah detektif dengan formula yang terasa klasik tanpa meninggalkan sentuhan humor modern di dalamnya. Sebagai penggemar lama Detective Conan, penulis merasa ini adalah salah satu film yang must watch dari serial ini.

Detective Conan: The Bride of Halloween akan tayang di bioskop Indonesia mulai tanggal 20 Juli 2022!

Share