DUNE (2021) – FILM SCI-FI YANG MEWAH DAN SPEKTAKULER

Berawal dari sebuah novel science-fiction berjudul Dune tahun 1965 karya penulis Frank Herbert, lahirlah sebuah mahakarya penulisan yang diakui sampai dengan saat ini, film ini dilansir oleh beberapa media memang cukup tinggi level kesulitan untuk diadaptasikan ke dalam sebuah visual ataupun film karena padat dan rumitnya isi dari novel itu sendiri selain itu temanya juga berat yang mengekspos tentang kolonialisme dan politik jagad raya.

Film ini disutradarai oleh Denis Villeneuve (Prisoners, Arrival, Blade Runners 2049) dan skenario ditulis oleh Jon Spaihts, Eric Roth, dan Villeneuve. Untuk barisan para cast-nya juga tidak main-main bisa dibilang menggunakan class A actors dari Timothée Chalamet, Josh Brolin hingga Oscar IsaacJason Momoa, Rebecca Ferguson, Stellan Skarsgård, Dave Bautista, Javier Bardem dan juga Zendaya. Para pemain dan semua kru melakukan proses syuting di padang pasir Yordania.

SINOPSIS

Film Dune kali ini akan mencakup paruh pertama dari buku Frank Herbert. Bercerita tentang Paul Atreides (Timothée Chalamet) adalah keturunan Keluarga Bangsawan Atreides. Sejak lahir, Paul menyandang nama besar keluarganya ini dan dia sedang mempersiapkan dirinya agar bisa pantas memiliki nama Atreides. Tetapi Paul juga sering memiliki “penglihatan” akan seorang perempuan misterius di masa depan. Ditambah lagi Paul terbebani dengan kenyataan statusnya sebagai pewaris keluarga bangsawan, di mana ia takut akan mengecewakan orang-orang disekitarnya.

Ketika kekuatan jahat yang muncul dari Keluarga Harkonnen memicu konflik dalam memperebutkan suplai sumber daya paling berharga yang hanya ada di planet Arrakis yaitu “rempah-rempah”, obat yang memperpanjang hidup manusia, memberikan tingkat pengetahuan manusia super, dan sebuah komoditas yang mampu membuka potensi terbesar umat manusia dan tentunya hanya bagi mereka yang dapat menaklukkan ketakutan mereka sendiri yang akan bertahan dari kejamnya sebuah tirani.

REVIEW

Sebelumnya pada tahun 1984 sutradara David Lynch (Eraserhead, Blue Velvet, Mulholland Drive) sudah pernah ditugaskan untuk mengadaptasi novel ini menjadi film, namun para kritikus menganggap apa yang dihasilkan itu gagal memenuhi ekspektasi, selain karena memadatkan isi novelnya dalam durasi dua jam yang justru menghilangkan esensi dari ceritanya, gaya arahan David Lynch juga cenderung tidak searah dengan film-film yang selama ini ia kerjakan, dan juga teknologi pada saat itu masih sangat terbatas untuk mewujudkan visualisasi dari yang ada di dalam novelnya.

Walaupun film ini baru merupakan bagian pertama dari rencana dua film dan untuk kelanjutan untuk sekuelnya masih belum ada green-light dari Warner Bros selaku film studio yang menaunginya, film ini sangat-sangat layak buat kalian tonton karena Dune memiliki dengan latar belakang dunia yang unik serta konflik perebutan kekuasaan yang sangat seru dan mencekam hingga akhir, serta perjalanan dalam menemukan jati diri dan menerima takdir. Dune juga merupakan sebuah sajian spektakuler di tahun 2021 karena selain jajaran para aktor top yang bermain di film ini, juga didukung dengan visual mewah, scoring serta desain suara menakjubkan yang membuat merinding.


Untuk teknis filmnya sendiri penulis menitik beratkan kepada sinematografi dan tata suara serta musik, baik yang dikerjakan oleh Greig Fraser (Let Me In, Rogue One Star Wars The Mandalorian Series, etc) dan Hans Zimmer.

Greig Fraser melakukan kerja yang luar biasa, shot-shotnya indah dan sangat memanjakan mata serta berkelas, penulis berani menjagokan untuk film ini ia akan mendapatkan penghargaan di tahun depan atas pencapaiannya. Sedangkan untuk scoring musiknya sendiri yang dikerjakan oleh Hans Zimmer, sangatlah jempolan melakukan hal berbeda sama sekali untuk musik film ini karena selain dilakukan di masa pandemi yang mengakibatkan ia harus mengerjakan secara daring bersama timnya, Hans Zimmer juga berhasil menciptakan aransemen baru di film ini.

Kekurangannya karena film ini dibagi menjadi dua bagian, penonton kemungkinan akan kehilangan momentum ataupun merasa anti klimaks. Karena bagian pertama ini lebih berfokus kepada pengenalan dunia Dune, menceritakan tragedi dan kejatuhan serta karakter dari tokoh-tokoh yang berperan besar di dalam plotnya. Sedangkan kebangkitan hingga heroisme melawan kejahatan tirani itu sendiri baru bakal terjadi di part dua dari film ini. Jadi untuk saat ini kita hanya bisa berharap Denis Villeneuve bisa menyelesaikan proyek ini sesegera mungkin.

SUMMARY

Film Dune sangat-sangat wajib ditonton di bioskop dan juga salah satu most anticipated di tahun ini karena sutradaranya sendiri juga sudah berpesan Dune ia buat sebagai tribute to big-screen experience . Oh iya tidak ada after credit scene, jadi kalian yang memang buru-buru untuk melanjutkan kegiatan lain atau kebelet buang air kecil bisa langsung keluar dari studio ketika credit title bergulir.

Sebelum menonton filmnya pada tanggal 13 Oktober 2021. kalian juga bisa juga bisa mampir ke website dunemovie.id untuk mengetahui lebih dalam mengenai DUNE.


Share