HORIZON LINE (2020) – USAHA BERTAHAN HIDUP DI ATAS LANGIT

Film Horizon Line merupakan film produksi dari Swedia yang disutradarai oleh Mikael Marcimain, film ini bertema thrillersurvival dan dibintangi oleh aktor-aktor asal Amerika.

SINOPSIS

Cerita film Horizon Line dimulai dengan berfokus pada dua sejoli, Sara (Allison Williams) dan Jackson (Alexander Dreymon) yang kerap menjalin hubungan singkat.

Namun karena Sara merupakan seorang traveller dan sering pergi berpindah tempat, hubungannya dengan Jackson berjalan dengan kurang baik hingga akhirnya mereka dipertemukan kembali jelang pernikahan sahabat mereka. Namun, karena sibuk memadu kasih usai lama tak berjumpa, Sara dan Jackson harus tertinggal kapal ferry dan memutuskan pergi menumpangi pesawat milik sahabat mereka, Freddy (Keith David).

Sialnya di tengah perjalanan terjadi insiden mengerikan yang menimpa Freddy, teman sekaligus juru kemudi pesawat tersebut. Alhasil, Sara dan Jackson dipaksa harus berjuang untuk menerbangkan pesawat tersebut, meski keduanya tidak memiliki bekal ilmu penerbangan.

REVIEW

Memiliki premis yang menjanjikan, sayangnya Horizon Line gagal membangun chemistry serta ketegangan yang cukup untuk membuat filmnya bisa lebih dekat dengan penonton. Setidaknya dari sisi aksi, adegannya lebih bisa dinalar dan tidak terlalu absurd. Membuat film yang mampu memompa adrenalin penonton memang tidak mudah.

Ceritanya menarik dan thriller ruang terbatas yang disajikan semacam ini terhitung langka. Sayangnya, ide kisahnya tidak diimbangi naskah yang solid. Alur plotnya terlalu sederhana, unsur ketegangan pun tampak kurang mengigit sehingga penonton kurang bisa larut untuk masuk dalam kisahnya. Diperburuk dengan chemistry dua karakter utama yang tidak terlalu kuat. Entah karena akting atau dialog, para karakter utama difilm ini terasa kurang meyakinkan kalau mereka berdua adalah pasangan. Padahal poin utama dari sebuah film thriller adalah ketegangan maksimal yang mampu membuat penonton bisa melupakan alur kisah utamanya.

Horizon Line memiliki durasi yang terbilang cukup pendek untuk sebuah film thrillersurvival, yaitu 92 menit atau 1 jam 32 menit. Durasi ini sebenarnya membuat alur cerita dan penyelesaian konfliknya jadi berlangsung dengan cepat serta tidak bertele-tele. Namun, durasi yang cukup pendek tersebut juga membuat filmnya jadi menyisakan banyak plot hole pada bagian ending-nya.

Deretan plot hole tersebut pun sudah pasti akan terlewatkan karena kisah dalam film ini sama sekali tidak memiliki potensi untuk memiliki sekuel. Akibatnya, adegan yang jadi plot hole tersebut terkesan jadi momen yang sangat percuma untuk terjadi pada filmnya. Sebab, tidak ada penjelasan lebih lanjut terkait dengan momen tersebut.

Horizon Line merupakan salah satu film yang menceritakan aksi petualangan menegangkan di dalam pesawat terbang. Bagaimana tidak, mereka harus bertahan hidup dengan menerbangkan sebuah pesawat tanpa adanya seorang pilot profesional.

Horizon Line tayang di bioskop CINEMA XXI mulai 7 Desember 2022.

Share