JUJUTSU KAISEN 0 (2021) – CERITA YANG KOMPLEKS TANPA MENINGGALKAN KESERUAN SERIES UTAMANYA

Jujutsu Kaisen 0 berhasil menjual satu juta tiket pada minggu pertama rilisnya di Jepang. Film yang merupakan prekuel dari manga dan anime Jujutsu Kaisen, Jujutsu Kaisen 0 berhasil menyajikan prekuel yang memperdalam dunia yang telah diperkenalkan sebelumnya di series Jujutsu Kaisen. Film ini juga berhasil menjadi pengantar yang apik untuk general public yang penasaran dan ingin memasuki lore dan dunia Jujutsu Kaisen.

Jika series Jujutsu Kaisen fokus pada Yuji Itadori, Jujutsu Kaisen 0 mengambil timeline satu tahun sebelum series utamanya dan fokus pada karakter bernama Yuta Okkotsu. Yuta Okkotsu adalah remaja 15 tahun yang dikutuk oleh arwah teman masa kecilnya yang bernama Rika. Kutukannya tersebut membuat orang-orang di sekitarnya dalam bahaya. Merasa putus asa, Yuta setuju untuk dieksekusi, tapi salah seorang guru di SMA Jujutsu bernama Satoru Gojo meyakinkannya untuk tetap hidup dan belajar untuk mengendalikan kekuatannya agar kutukannya mampu menolong orang-orang. Namun kutukan yang menimpa Yuta menarik perhatian seorang penyihir Jujutsu bernama Suguru Geto, yang ingin memusnahkan umat manusia non-penyihir. Ia menganggap kekuatan kutukan Yuta mampu membawanya lebih dekat ke tujuan besarnya. Yuta, bersama teman-temannya di SMA Jujutsu, harus berjuang melindungi satu sama lain dan mencegah Suguru Geto mendapatkan kekuatan tersebut.

Jujutsu Kaisen 0 menghadirkan sebuah cerita yang kompleks tanpa meninggalkan keseruan-keseruan yang menjadi favorit penggemar series utamanya. Adegan-adegan aksi digarap dengan apik dan animasi yang detail dan halus. Emosi-emosi karakternya, terutama emosi Yuta sebagai remaja yang dihantui rasa bersalah karena merasa kutukannya mencelakakan orang di sekitarnya, ditunjukkan dengan sangat detail melalui ekspresi-ekspresi wajah sehingga mampu menarik simpati dari penonton and we can do nothing but rooting for him. Selain itu, kameo-kameo dari karakter familiar dari series utamanya, seperti Nanami dan Mei, serta siswa-siswa dari SMA Jujutsu Kyoto, membuat film ini menjadi obat rasa rindu para penggemar yang menunggu season 2 dari Jujutsu Kaisen.

Namun dengan durasi 105 menit, Jujutsu Kaisen 0 mungkin terasa terburu-buru di opening dan act 1. Penggemar baru dan general public mungkin butuh waktu untuk memahami dunia Jujutsu Kaisen serta nama-nama karakternya. Bagi penggemar seriesnya, mungkin adegan aksi di film ini akan terasa terlalu singkat dari sisi durasi. Sangat disayangkan karena kualitas animasinya sangat bagus dan detail. Terlalu banyak framing yang menggunakan close-up saat adegan aksi, sehingga sulit untuk memproses apa yang sedang terjadi dalam pertarungan tersebut.

Secara keseluruhan, Jujutsu Kaisen 0 merupakan film yang cukup solid untuk mengekspansi Jujutsu universe yang telah diperkenalkan melalui seriesnya. Beberapa aspek menjelaskan hal-hal yang mungkin menjadi pertanyaan di series Jujutsu Kaisen. Kualitas animasi yang konsisten menjadi salah satu daya tarik terbesar dari film ini. Film Jujutsu Kaisen 0 akan tayang di bioskop pada tanggal 16 Maret 2022.

Dan juga ada credit scene yang sayang untuk kalian dilewatkan di akhir film.

Share