THE FIRST – Perjuangan Sulit Menjadi Manusia Pertama Ke Mars

Manusia hakikatnya adalah makhluk yang tidak pernah puas dan selalu dilingkupi rasa penasaran untuk mencapai lebih dari apa yang mereka pernah raih. Setelah keberhasilan menjelajah bulan dan kesuksesan mengirim beberapa kendaraan robot penjelajah ke planet Mars, sudah waktunya bagi para ahli dan antariksawan untuk melakukan pengiriman manusia ke salah satu planet terdekat dengan Bumi tersebut. 

Alkisah di masa yang tidak terlalu jauh dari masa sekarang, NASA bekerjasama dengan sebuah perusahan swasta VISTA pimpinan seorang jenius, Laz Ingram (Natasha McElhone) menginisiasi misi pengiriman para manusia pertama di dunia dengan kode pesawat antariksa, Providence. Kegagalan di peluncuran pertama Providence yang memakan korban jiwa memaksa para anggota legislatif, para keluarga korban dan masyarakat umum mempertanyakan untung ruginya misi tersebut untuk terus dilanjutkan. 

Kebutuhan misi tersebut memang tidak terasa sekarang, tetapi usia bumi yang sudah semakin renta adalah argumen logis yang Laz bawa ke hadapan sidang dewan legislatif. Dibantu opini keahlian dari sang komandan misi, Tom Hagerty (Sean Penn), Laz harus bisa meyakinkan para anggota legislatif untuk meneruskan program mereka demi mewujudkan mimpinya, mengirim manusia pertama ke Mars untuk meneliti kemungkinan manusia untuk hidup di sana. Tom memiliki kepentingan dan beban moral kepada Laz dan para korban, karena ia seharusnya menjadi pemimpin dalam misi Providence yang terpaksa mundur di saat-saat terakhir dikarenakan persoalan pribadi.

Persoalan pribadi para calon astronot adalah kunci utama dari serial sepanjang 8 episode ini. Misi ke Mars, sebuah planet yang penuh misteri, dianggap sebagai sebuah misi bunuh diri. Kesiapan fisik dan mental sama pentingnya untuk ditempa habis-habisan sebelum menjalani misi. Alih-alih membahas detail latihan fisiknya, serial yang diciptakan oleh Beau Willimon, peraih berbagai penghargaan prestisius lewat serial House of Cards ini memilih fokus sisi mental dan psikologis yang dihadapi para calon astronot misi Providence Jilid II. 

Dengan karakter Tom Hagerty sebagai ujung tombak cerita dengan dinamikanya bersama sang anak Denise (Anna Jacoby-Herron) yang memiliki trauma masa lalu melibatkan mendiang ibunya, Diane (Melissa George), serial ini mencoba menggali berbagai tema relevan tentang kehilangan, cara melanjutkan hidup setelah kehilangan, serta upaya keras untuk mempertahankan keutuhan keluarga. 

Sebuah episode khusus yang secara spesifik menceritakan ketiga anggota keluarga Hagerty menjadi sebuah episode favorit berkat kegemilangan penulisan naskah, keindahan sinematografi dan kualitas akting kelas satu Sean Penn, Melissa George dan Anna Jacoby-Herron. Episode lima bertajuk Two Portraits yang digarap semi-teatrikal tersebut sangatlah emosional dan secara gamblang menceritakan latar belakang hubungan ayah-anak Tom dan Denise yang diceritakan renggang di awal-awal episode.

Naskah keseluruhan musim yang ditulis dengan supervisi penuh sang pemenang Writer’s Guild Awards tahun 2013, Beau Willimon, ini menjadi senjata utama dalam mengangkat berbagai variasi masalah personal yang muncul di antara 5 astronot dengan keluarganya masing-masing. Pasangan muda yang baru saja mulai berkencan dan saling mengutarakan jatuh cinta, calon astronot yang kebingungan meninggalkan orang tuanya yang menderita dementia, pasangan yang takut kehilangan cinta mereka dihalangi jarak dan waktu, serta seorang pria yang tidak memiliki keluarga lain selain orang tuanya yang tidak peduli adalah beberapa persoalan yang diangkat selain kisah Tom Hagerty sebagai plot utamanya.

Kesemua cerita dirangkai sedemikian rupa dalam gaya drama slow burn dengan sedikit sentuhan science fiction yang memiliki performa efek visual CGI menawan. Bahkan episode pamungkasnya bisa dibilang sebagai sebuah episode ‘mahal’ yang memiliki efek visual yang tidak kalah apiknya dengan kualitas efek visual untuk film layar lebar. 

Akhir kata, serial The First yang digawangi aktor pemenang piala Oscar, Sean Penn (Mystic River) dengan dukungan aktor senior Natasha McElhone (Ronin, Solaris), Oded Fehr (The Mummy), LisaGay Hamilton (Jackie Brown) dan penampilan nyaris sempurna dari aktor muda Anna Jacoby-Herron (Stranger Things) menjanjikan kisah yang berbeda dari perjalanan manusia menggapai tujuan yang belum pernah mereka jangkau, dengan segala bahaya, tantangan serta ancaman kematian yang menghantui dan menantang psikologis. Saksikan 8 episode dari serial The First secara legal hanya di layanan streaming Mola TV.