RIG 45 Series – Misteri Kematian Di Sebuah Anjungan Minyak

BENTHOS OIL adalah sebuah perusahaan minyak lepas pantai atau Oil Rig mengalami situasi kecelakaan kerja di salah satu anjungannya yang mengakibatkan tewasnya salah satu pegawai. Andrea (Catherine Walker) ditugaskan oleh perusahaan Benthos untuk menyelidiki dan menginvestigasi kejadian tersebut.

Kedatangan Andrea ke anjungan tersebut justru tidak mendapat sambutan yang baik dari pegawai-pegawai yang lain yang berada di lokasi tersebut. Benar saja, ketika Andrea baru sampai sudah mengalami ancaman serta penganiayaan dari orang misterius yang tidak dikenali dan selain itu juga dalam penyelidikannya terkesan ada yang ditutup-tutupi di dalam kasus kecelakaan ini. Rasa penasaran Andrea pun bergejolak dan mencoba mencari jawaban dari misteri-misteri yang terjadi dianjungan minyak tersebut.

Dan ternyata setelah semakin diusut lebih dalam rahasia-rahasia gelap lainnya pun mulai terkuak secara perlahan, dan bukan itu saja satu per satu anggota kru tewas dibunuh secara misterius, kini semua kru termasuk Andrea berlomba dengan waktu untuk memecahkan misteri ini dan berusaha untuk menemukan pembunuhnya. Apakah misteri yang terjadi dianjungan minyak ini? Dan siapakah dalang kejahatan sebenarnya didalam kejadian ini?  

Review

RIG 45 merupakan mini seri bertemakan drama misteri sebanyak 6 episode didalam 1 seasons dimana masing-masing episodenya berdurasi 40 menit-an, diarahkan oleh sutradara asal Swedia bernama Per Hanejford (Agent Hamilton series, Black Widows series) mini seri yang ia nahkodai pada season pertama ini memang tidak biasa karena mengambil set disebuah anjungan minyak di tengah laut yang menjadikan lokasi tersebut mempunyai ruang gerak terbatas atau terisolasi bagi pelaku kejahatan serta para korban dan ditambah lagi dengan situasi cuaca buruk didalam kondisi tersebut, membuat cerita yang ditampilkan pada mini seri ini semakin menarik dan tentunya menegangkan untuk diikuti, dan sebagai info tambahan buat penonton RIG 45 ini ditulis oleh Ola Norén dan Roland Ulvselius.

Selain itu karakter-karakter yang terlibat didalamnya juga tidak ada yang terlalu dominan, semua karakter pada mini seri ini memiliki porsi seimbang dalam screen time-nya dan peran penting bagi masing-masing sehingga memberikan ruang pada tiap karakter untuk berkembang dalam setiap episodenya. Total akan ada tujuh kru yang terlibat dalam cat and mouse scenario di dalam season pertama ini yaitu sesuai abjad : Douglas (Gary Lewis), Halvar (Jakob Oftebro), Mary (Judith Roddy), Mikkel (David Dencik), Petra (Lisa Henni), Pontus (Björn Bengstsson) dan Vidar (Joi Johannsson). Dimana semuanya berlomba dengan waktu untuk menemukan pembunuh atau menjadi yang dibunuh.

Sedangkan untuk season kedua RIG 45 tongkat pengendali serial ini digantikan oleh sutradara asal Finlandia yang juga sudah banyak mendapatkan penghargaan di negara asalnya yaitu Aku Louhimies (Rebellion series) dengan mengambil set setahun setelah kejadian pada season pertamanya, dan tentunya dengan aktor dan aktris yang baru lalu hanya ada beberapa cast dari season pertama yang kembali untuk season kedua ini yang juga berjumlah enam episode.

Bagi penonton yang menggemari atau menyukai cerita dengan tema whodunit movies seperti The Usual Suspect (1995), Murder On The Orient Express (2017) atau film yang cukup terkenal tahun lalu yaitu Knives Out (2019), mini seri RIG 45 merupakan tontonan tepat bagi penonton yang suka dengan cerita misteri dan penasaran untuk menebak siapa pembunuhnya serta tentunya dibumbui dengan berbagai twist didalam setiap episodenya.

Mini seri RIG 45 merupakan produksi ViaPlay (perusahaan televisi berbayar asal Swedia) kini bisa kalian nikmati atau tonton secara legal dan eksklusif di Mola TV, serial ini mendapatkan respon yang cukup baik diluar sana dengan rata-rata rating sebesar 6,5 sampai dengan 7. 

Untuk bisa menonton RIG 45 sebanyak 2 seasons yang secara eksklusif tayang di Mola TV bisa berlangganan paket cukup dengan membayar Rp. 12.500 saja. Pembayaran paket bisa melalui transfer bank, credit card dan bisa juga menggunakan OVO. Dengan harga paket tersebut, penonton sudah bisa menonton lewat mobile phone , bahkan bisa juga melalui web browser (Desktop & PC).