VOYAGERS (2021) – SISI BAIK DAN BURUK DARI SEORANG MANUSIA

Voyagers adalah film sci-fi thriller tentang sekelompok anak muda yang melakukan perjalanan ke sebuah planet subur demi menyelamatkan eksistensi manusia di tengah nasib bumi yang sedang sekarat. Dalam misi tersebut, berbagai konflik dan perseteruan timbul yang akan mengancam misi dan keselamatan mereka.

Dengan masa depan umat manusia yang kini sedang dipertaruhkan, sekelompok pria dan wanita muda yang merupakan hasil pembuahan diluar dan tanpa memiliki orang tua ini dibesarkan dengan melalui sebuah prosedur dan harus mengikuti segala peraturan. Mereka akan memulai perjalanan untuk menjelajahi planet alternatif yang memerlukan waktu selama 86 tahun untuk sampai ke tujuan.

Dibintangi oleh aktor-aktor muda seperti Tye Sheridan (Ready Player One) yang juga berperan sebagai Cyclops di film X-Men , lalu Fionn Whitehead (Dunkirk) dan juga ada Lily Rose-Depp yang merupakan putri dari aktor kawakan Johnny Depp. Tidak lupa juga aktor berpengalaman Colin Farrel juga turut serta bermain di film ini.

Pada awal misi perjalanan semuanya berjalan dengan baik-baik saja, namun ketika anak-anak tersebut mulai beranjak dewasa mulai terjadi pergejolakan, Zac dan Christopher mencoba untuk keluar dari rutinitas sehari-hari mereka, dari tidak meminum pengontrol emosi ataupun hasrat, lalu tidak menuruti perintah Richard yang merupakan atasan mereka dan berbagai hal lain. Hal ini pun mulai diikuti oleh teman-teman mereka yang lain dan sudah pasti berakibat kekacauan di dalam kapal, karena sifat nalurian manusia yang memiliki rasa nafsu, takut serta haus akan kekuasaan mulai timbul.

Dari sutradara dan penulis Neil Burger (Divergent Series), kali ini ia mencoba kembali mengkreasikan dunia distopia baru. Walaupun tidak ada hal yang baru yang ditawarkan pada difilmnya, dengan budget produksi sekitar 29 juta dollar penyajian efek visual yang bisa dilihat dari set diluar angkasanya sangat apik, dan tentunya sajian thriller mencekam yang hadir disepanjang film ini tentunya akan menjadi hiburan sendiri.

Sedangkan dari departemen akting, Fionn Whitehead yang berperan sebagai Zac cukup menonjol dibanding aktor dan aktris lainnya, peran antagonis yang ia bawakan mampu memancing emosi oara penonton, dari segala perbuatan yang ia lakukan disepanjang film ini, sedangkan dua karakter utama lainnya Tye Sheridan (Christopher) dan Lily Rose-Depp (Sela) cukup bermain aman hingga kurang berkesan dan cenderung biasa saja.

Selama durasi 108 menit, film Voyagers menunjukkan bahwa manusia tetaplah manusia dengan segala sisi baik dan buruknya. Ada yang menjadi pelindung, tamak, ambisius dan ada juga pihak yang gampang terprovokasi.