THE SECRET GARDEN (2020) – TAMAN YANG INDAH UNTUK JIWA YANG GUNDAH

Mary Lenox adalah seorang anak yang besar di British India bersama kedua orang tuanya. Ketika British India pecah menjadi India dan Pakistan, Mary harus berjuang hidup sendirian di rumahnya yang berantakan. Lalu ia pun mengetahui bahwa kedua orang tuanya meninggal karena kolera. Setelah mengalami tinggal di penampungan anak, Mary dikirim ke Yorkshire untuk tinggal bersama pamannya di sebuah tempat bernama Misselthwaite Manor, sebuah rumah yang sangat besar. Sepanjang hari Mary teringat pada masa-masa ia tinggal bersama kedua orang tuanya, dimana ia merasa seperti anak yang tidak diinginkan. Kegundahannya semakin bertambah karena ia tidak menyukai tempat itu dan sifatnya yang demanding tidak dipenuhi.

Sementara pamannya, Archibald Craven adalah orang yang sangat penyendiri. Mary selalu melihatnya berduka sepeninggalan istrinya, Grace. Beberapa waktu kemudian, Mary juga bertemu dengan sepupunya, Colin Craven yang setiap hari terbaring di tempat tidur karena suatu kelainan dan selalu menangisi keadaannya. Rasanya lengkap sudah ketidaksukaan Mary terhadap tempat tersebut. Namun tak lama kemudian, Mary bertemu dengan seekor anjing liar yang ia beri nama Jemima dan Dickon, saudara lelaki seorang pelayan yang kemudian menjadi sahabat barunya.

Kegundahan Mary lambat laun mulai terlupakan ketika ia menemukan sebuah taman rahasia yang sangat indah dengan tanaman beraneka ragam. Ia pun menghabiskan keseharian di taman tersebut bersama Dickon dan Jemima, walaupun pulang dengan baju penuh lumpur. Taman itu pun seolah bisa berubah-ubah mengikuti suasana hati orang-orang di sekitarnya. Namun ketika Mary mulai menyukai tempat tersebut, ia menemukan rahasia-rahasia lainnya berkaitan dengan paman, sepupu, orang tuanya dan taman itu sendiri. Akankah Mary harus pergi lagi?

Film “The Secret Garden” bukan hanya bercerita tentang taman yang menyimpan banyak misteri, tapi sebuah taman rahasia yang menjadi representasi jiwa seseorang. Mary, paman dan sepupunya mempunyai permasalahan dan kesedihannya masing-masing yang dibiarkan tumbuh lebat seperti rumput liar di taman yang tidak diurus. Pada suatu keadaan, mereka dituntut untuk memperbaiki taman tersebut dengan berdamai dengan masa lalu dan diri mereka sendiri. Sebuah cerita yang sebetulnya cukup berat untuk disaksikan anak-anak.

Adaptasi keempat dari buku The Secret Garden ini diarahkan oleh sutradara peraih BAFTA, Marc Munden, dibintangi oleh aktor peraih Oscar, Colin Firth, Julie Walters, Dixie Egerickx, Edan Hayhurst dan Amir Wilson.