THE CONJURING: THE DEVIL MADE ME DO IT (2021) – MISTERI KASUS PEMBUNUHAN YANG BERBALUT HAL MISTIS

Pada film pertama dan kedua The Conjuring James Wan duduk menjadi sutradara, kali ini ia hanya menjadi produser dan yang membuat ide cerita. Sedangkan script dikerjakan oleh David Leslie Johnson-McGoldrick (The Conjuring 2, Aquaman)

Film ke-8 dari The Conjuring Universe yang kali ini diarahin oleh Michael Chaves yang membuat (The Curse of la Llorona). Sekuel kali ini bisa dibilang menggunakan treatment berbeda dibanding dua film The Conjuring sebelumnya.

Dalam film ini, Ed dan Lorraine Warren (Patrick Willson dan Vera Farmiga) mencoba mengungkap kebenaran di balik kasus pembunuhan paling sensasional di Connecticut pada tahun 1981. Sebuah kisah menegangkan di mana mereka akan mengungkap kisah teror kejahatan pembunuhan yang mengerikan.

Di mana seorang pemuda bernama Arne Johnson (Ruairi O’ Connor) diadili atas kasus pembunuhan, tetapi ia berusaha membuktikan bahwa ia tidak bersalah dengan alasan dirasuki setan. Arne mengklaim bahwa iblis mengambil alih tubuhnya, ketika ia mencoba membantu keluarga Glatzel dalam mengusir makhluk halus dari putra mereka, David (Julian Hilliard). Kisah ini merupakan salah satu kasus yang paling sensasional dari arsip milik pasangan Warren, dimulai dengan pertarungan demi menyelamatkan jiwa seorang bocah lelaki yang terasuki, kemudian seiring perjalanan membawa mereka melampaui apa pun yang pernah mereka lihat sebelumnya.

Layaknya detective story, penonton diajak berkeliling dulu mengikuti investigasi dan mengumpulkan berbagai petunjuk buat memecahkan misterinya namun dibarengi dengan kejadian-kejadian supranatural. Hal ini membuat alur ceritanya menjadi lebih menarik dan bikin penasaran. Untuk jump scare-nya cukup sedikit namun efektif, jadi siap-siap aja buat kejutan yang tidak terduga ya.

Dari departemen akting, chemistry antara Patrick Wilson dan Vera Farmiga semakin terlihat intim dan lebih baik dari dua film sebelumnya dalam membawakan karakter Ed dan Lorraine Warren. Hubungan cinta yang mereka tampilkan disini merupakan salah satu kekuatan filmnya, dimana mereka saling bahu-membahu disaat masing-masing dalam kondisi kritis.

Untuk sekuel kali ini, menurut penulis bakal mendapatkan mix review dari para penonton karena selain disebabkan oleh diarahkan oleh sutradara baru, kemudian ekspetasi yang tinggi dari para penggemar horor khususnya The Conjuring Universe juga akan sangat bias. Karena bisa dibilang film kali ini lebih kuat rasa thriller-nya dibanding horor.

The Conjuring : The Devil Made Me Do It tayang dalam format 2D, IMAX & juga 4DX. Pastikan bioskop yang kamu pilih memiliki sound terbaik ya agar semakin terasa maksimal horror ambience nya, karena scoring dari Joseph Bisara (Insidious, The Conjuring, Annabelle) akan membuat kalian ga nyaman ketika menonton filmnya.

Oh ya satu lagi, ketika credit title bergulir ada selipan footage asli dari kasus Arne dan keluarga Glatzel yang menarik banget buat kalian saksikan, sedangkan mid atau after credit scene-nya ngga ada ya, menurut info yang beredar memang seharusnya ada tapi pada akhirnya tidak jadi ditayangkan atau dibuang dari final cut. Jadi kalian bisa langsung meninggalkan kursi bioskop.

Selamat menonton 🙂