SPIRIT UNTAMED (2021) – JIWA-JIWA YANG TAK KENAL KEKANG

Lucky Prescott adalah gadis kecil yang sulit diatur. Ia melakukan apa saja sesuai dengan nalurinya: bermain dengan binatang, memanjat pohon, hingga membuat kekacauan. Itulah yang menyebabkan ia dikirim oleh kakeknya ke Miradero, ditemani bibinya ia tinggal dengan ayahnya, Jim menghabiskan musim panas. Sementara sang ayah, pasca kematian istrinya sebab kecelakaan ketika melakukan atraksi berkuda, masih trauma untuk hidup dengan anak perempuannya itu.

Apalagi ketika Jim tahu kalau Lucky terobsesi dengan seekor kuda berjenis kiger mustang liar, perselisihan antara ayah dan anak perempuannya pun tidak dapat dihindarkan. Jim tidak ingin Lucky bernasib seperti ibunya. Tapi Lucky kadung jatuh cinta pada kiger mustang tersebut. Apalagi ia berteman dengan dua gadis kecil Miradero yang sudah mahir menunggang kuda terlebih dahulu: Pru dan Abigail. Lucky belajar menjinakkan kuda liar tersebut dari mereka. Ia pun memberinya nama Spirit. Tapi Spirit rupanya menjadi incaran para pencuri kuda. Lucky dan teman-temannya pun harus melindunginya.

Spirit Untamed adalah film animasi panjang ke 40 produksi DreamWorks Animation yang sukses dengan franchise Shrek, Kung Fu Panda dan How to Train Your Dragon. Film ini merupakan spin off dari Spirit: Stallion of the Cimarron (2002) yang mendapat nominasi Oscar tahun itu dan adaptasi dari serial animasi Netflix, Spirit Riding Free yang tayang sejak 2017 dan berjumlah sekitar 12 season.

Spirit Untamed memang tidak semulus film-film animasi rilisan Pixar, tapi film ini berhasil memberikan cerita menggemaskan antara Lucky dengan kedua temannya dan hubungan yang tidak biasa dengan bibinya, Cora. Serta tentu kesamaan keberanian dan “keliaran” antara ia dan Spirit. Film ini mengingatkan kita bahwa tiap makhluk, baik manusia maupun binatang memiliki jiwa-jiwa yang tak kenal kekang. Kita mempunyai hak untuk hidup dengan cara kita sendiri, dengan ketentuan yang kita punya. Tapi sementara makhluk lain masih bisa melanjutkan cara tersebut, manusia malah dibatasi oleh obsesi sendiri.

Film dengan gaya animasi klasik ini menceritakan kebebasan yang pada hakikatnya dimiliki setiap makhluk, manusia ataupun binatang. Mereka berhak memilih bagaimana mereka menjalani hidup, bersama keluarga dan sahabat yang mencintai mereka. Spirit Untamed adalah film animasi yang sarat dengan kebahagiaan dan menghangatkan.