NOBODY (2021) – FROM ZERO TO (NOT) HERO

Hutch Mansell adalah seorang suami dan ayah yang kikuk. Di rumah hubungan ia dengan istri dan kedua anaknya terlihat kaku. Di kantor ia terkesan jenuh berhadapan dengan angka-angka dan rutinitas yang membosankan. Ia kerap melakukan kesalahan-kesalahan yang berulang, seperti telat mengantar sampah ke mobil pengangkut. Lambat laun ia semakin bingung tentang apa yang harus ia perbuat. Ia bahkan tidak tahu harus dengan apa merespon kehangatan perilaku putri kecilnya. Ia seolah kehilangan identitas diri. Kekhawatiran yang ia rasakan semakin menusuk hari demi hari. Hingga sesuatu yang membahayakan terjadi di rumahnya. Ia nampak tidak bisa berbuat apa-apa. Esoknya ia bertekad untuk berubah dan melakukan penyelesaian.

Bob Odenkirk as Hutch Mansell in Nobody, directed by Ilya Naishuller.

Sepintas, “Nobody” terlihat seperti film dengan topik from hero to zero pada umumnya: seorang pecundang yang berubah menjadi pahlawan dan membuat nasibnya lebih baik. Tapi film ini tidak memanjakan penonton dengan alur sedatar itu. Memang baiknya sebelum menonton film ini kita tidak terekspos dengan info-info yang berseliweran di media sosial karena akan mengurangi keasyikan menontonnya. Ada banyak kejutan dan adegan seru di film ini sampai membuat kita sebagai penonton terkagum-kagum. Apalagi dengan aksi bertubi-tubi yang berlangsung tanpa ampun sepanjang film. Bahkan kita dibuat meringis dan tertawa bersamaan. Menonton film ini bersamaan dengan para pecinta film lainnya di layar bioskop akan menghadirkan tepuk tangan riuh di beberapa adegan, disadari atau tidak. Atau paling tidak membetulkan posisi duduk dengan lebih tegak karena menemukan aksi yang menarik.

“Nobody” adalah film kedua yang disutradarai oleh Ilya Naishuller, seorang sutradara asal Moscow, Rusia. Film panjang pertamanya, “Hardcore Henry” dirilis tahun 2015, sebuah film dengan sudut pandang unik dan menggabungkan fiksi ilmiah dengan laga secara mulus. Film ini juga diproduseri oleh David Leitch yang telah terlibat di banyak film laga sebagai stunt performer and coordinator, juga memproduseri film John Wick, serta menyutradarai Atomic Blonde, Deadpool 2 dan Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw. Mendengar nama-nama tersebut dan peran mereka sebetulnya kita sudah mendapat bocoran seperti apa serunya film “Nobody”.

Bob Odenkirk berperan dengan brilian sebagai Hutch Mansell, seorang lelaki dengan kehidupan yang jungkir balik dalam dua keadaan. Ia dapat menunjukkan kebingungannya sebagai kepala keluarga yang memendam segala kekecewaan pada dirinya sendiri dan amarah yang hanya ia bisa lampiaskan dengan memukul benda mati. Lalu berubah menjadi seseorang yang seperti hilang rasa takut. Menyaksikan ia beraksi di jalanan, ruang sempit dan tempat lainnya sungguh mengasyikan. Apalagi hubungannya dengan seseorang yang sangat ia hormati dan sayangi menjadi kunci dari serentetan tinju dan peluru yang berhamburan sepanjang film. Bob Odenkirk telah dinominasikan dalam Primetime Emmy Award sebagai Outstanding Lead Actor in Drama Series untuk perannya sebagai Saul Goodman dalam serial Better Call Saul (spin-off dari serial Breaking Bad). Ia juga memiliki pengalaman sebagai penulis untuk komedi sketsa ternama, Saturday Night Live di akhir 80-an hingga awal 90-an (serta acara komedi lainnya). Sehingga tidak mengherankan jika film “Nobody” memiliki aura komedi yang tidak bisa dipisahkan dari adegan laganya, mengingat ia juga berperan sebagai produser di film ini.

Secara garis besar, “Nobody” adalah film keluarga dimana seorang Ayah bisa melakukan apa saja demi nasib baik keluarganya. Hutch bisa saja pindah ke daerah lain dengan tanah luas yang siap diolah menjadi sebuah area pertanian. Tapi di situasi ini, ia tidak punya pilihan untuk menghindar.

Jangan lewatkan Extra Scene di tengah-tengah Credit Title ya 🙂