Generasi 90an: Melankolia (2020) – Keluarga Yang Belajar Merelakan

Melankolia adalah kemurungan dan kesedihan yang acap kali disebabkan oleh kehilangan orang atau benda yang dicintai. Kesedihan ini membuat seseorang tidak bersemangat dan enggan melakukan apapun. Dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM), sebuah publikasi yang dirilis berkala oleh American Psychiatric Association (APA), keadaan depresi neurosis dan melankolia digabungkan ke dalam kategori “depresi berat,” yang merupakan sumber dari “major depressive disorder” (tercantum dalam DSM-IV -TR tahun 2000).

Keadaan inilah yang tengah dialami oleh Abby dan keluarganya pasca mengalami kehilangan dalam film “Generasi 90an: Melankolia” atau terasa lebih pas kalau kita singkat “Melankolia” saja. Di awal film, penonton ditunjukkan oleh potret sebuah keluarga yang sempurna: Ibu dan Bapak yang penyayang dan pengertian, serta kakak dan adik yang saling mendukung. Abby (Ari Irham) dan kakaknya, Indah (Aghniny Haque) terlihat sangat kompak. Abby selalu menganggap Indah sebagai role model-nya. Bahkan seringkali mengikuti kemanapun kakaknya pergi. Hingga kesempurnaan itu harus hilang dalam sekejap akibat sebuah kecelakaan pesawat. Hilangnya Indah dalam peristiwa tersebut turut membawa keceriaan yang sebelumnya selalu hadir setiap hari. Suasana rumah berubah suram, begitu juga emosi tiap penghuninya.

Abby yang sedang mencari jati diri seperti hilang kendali. Ia pun kerap mengadu kepada sahabat kakaknya, Sephia (Taskya Namya) yang ternyata menyimpan banyak rahasia. Sementara Abby berharap kepada Sephia lebih dari sekedar sahabat.

Dalam beberapa scene film ini, penonton dibuat terdiam dalam kekhawatiran, kepanikan dan kesedihan orang-orang yang ingin mengetahui nasib keluarga mereka, atau paling tidak bisa membawa mereka pulang untuk disemayamkan secara layak. Harapan dan keputusasaan menjadi dua hal yang sangat tipis perbedaannya. Dan trauma kemungkinan akan terus dibawa.

“Melankolia” kurang lebih memiliki benang merah dengan film Visinema Pictures sebelumnya, “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” dimana keluarga manjadi fokus cerita. Ini juga mengingatkan kita bahwa setiap keluarga memiliki cerita suramnya masing-masing dan terkadang kita harus belajar merelakan.

Film Generasi 90an: Melankolia segera tayang diseluruh bioskop Indonesia mulai tanggal 24 Desember 2020!