F9: THE FAST SAGA (2021) – THE FAMILY IS BACK!

Salah satu film yang ditunggu pada tahun 2020 namun harus ditunda penayangannya akibat pandemi, kini sudah bisa penonton nikmati di bioskop. Justin Lin kembali duduk di kursi sutradara Fast & Furious untuk kelima kalinya dan rumornya ia juga akan memegang film ke-10 dari franchise ini. Dan untuk info tambahan, Fast & Furious direncanakan akan berakhir pada film ke-11, tapi yang namanya rencananya bakal masih bisa berubah di masa depan, kita lihat saja nanti ya.

SINOPSIS

Adegan film dibuka dengan flashback ketika Dominic Toretto muda mengalami pengalaman pahit karena ia menyaksikan kematian ayahnya di sebuah lintasan balap, selain itu diceritakan juga ternyata Dom memiliki adik selain Mia, yang bernama Jakob. Dimana diceritakan Jakob sudah tidak dianggap bagian dari keluarga karena suatu hal yang nantinya akan dijelaskan difilmnya dan setelah bertahun-tahun kemudian ia muncul dan kini datang sebagai antagonis karena Jakob memiliki komponen Project Ares sebuah alat yang menjadi ancaman berbahaya bagi dunia . Kini Dom dan timnya kembali ditugaskan oleh Mr.Nobody (Kurt Russel) untuk melakukan misi penyelamatan (lagi).

Tidak hanya itu saja kejutannya, Han (Sung Kang) ternyata masih hidup dan akan dijelaskan juga cerita sebenarnya dibalik “kematiannya” di Tokyo Drift, dan hubungannya dengan cerita kali ini, dan kembalinya salah satu musuh dari seri sebelumnya Cipher (Charlize Theron) juga akan semakin menambah masalah yang akan dihadapi oleh Dom dan timnya. Apakah Dom akan berhasil menyelamatkan dunia dari ancaman Project Ares?

REVIEW

Kembali dengan para jajaran cast utamanya Vin Diesel sebagai Dominic Toretto, Michelle Rodriguez sebagai Letty dan jajaran cast terbaru kali ini ada John Cena yang berperan sebagai Jakob adik dari Dom sekaligus peran antagonis di film ini. Dan beberapa cameo dari film-film sebelumnya juga hadir seperti Queenie Shaw (Hellen Mirren), Sean (Lucas Black) dari Tokyo Drift dan Santos (Don Omar) dari Fast Five. Ya bisa dibilang film ini sebagai ajang reuni dari para cast yang pernah terlibat, karena penonton akan menyukai memori dan hubungan kekeluargaan yang emang erat difilmnya.

Sedangkan pengembangan karakter cukup minim karena selain berjubelnya para bintang yang bermain dan sepertinya juga akan menambah beban durasi filmnya sendiri yang sudah mencapai 2,5 jam tetapi jika boleh memberi sedikit catatan, karakter Ramsey (Nathalie Emmanuel) yang pada film sebelumnya tidak pernah ditugaskan membawa kendaraan, di film kali ini ia akan dipaksa untuk membuat aksi heboh dengan mengendarai sebuah truk didalam kota. Duet Roman (Tyrese Gibson) dan Tej (Ludacris) selalu berusaha menghibur penonton disepanjang film baik melalui aksi konyol ataupun dialog mereka.

Film Fast & Furious kali ini bisa dibilang mempunyai ide yang gila, dari aksi mobil yang berayun dari tebing, pesawat yang menangkap mobil ketika berada di udara dan mobil yang terbang menuju luar angkasa semua bagaikan theme park yang menyediakan berbagai macam atraksi. Untuk aksi kebut-kebutan masih seru dan penuh dengan ledakan, sekaligus pertunjukkan alat ataupun teknologi baru yang akan berusaha memancing decak kagum dari penonton.

Patut ditunggu juga dengan rumor akan ada cross-over universe antara Fast & Furious dan Jurassic Park yang memang berada dibawah “payung” yang sama yaitu Universal Studios dan sepertinya agak sulit untuk dibayangkan saat ini, jika memang proyek ini bakal terwujud nantinya.

SUMMARY

Seri ke-9 Fast & Furious ini masih seru dan liar. Walau beberapa scenenya memang tidak masuk akal & di luar nalar, namun justru disitu letak hiburannya yang bakal dicari dan ditungguin sama penonton dan sutradara Justin Lin juga patut diapresiasi karena berhasil menjaga family legacy dari film-film Fast & Furious sebelumnya. Jika kalian adalah penonton yang tidak terlalu suka dengan film yang cheesy atau doesn’t make any sense maka kami rasa film ini sepertinya tidak bakal cocok buat kalian, karena sebagian besar adegan-adegan di film ini bisa dibilang fiksi dan hampir tidak mungkin terjadi di dunia nyata, semuanya ini demi aksi yang menyenangkan dan hiburan semata.

Jangan lewatkan juga mid-credit scene yang kemungkinan ada hubungan dengan cerita selanjutnya, jadi jangan buru-buru keluar bioskop ya.

Selamat Menonton!