A QUIET PLACE PART 2 (2020) – TEROR DITENGAH KEHENINGAN YANG PALSU

Sifat manusia pada dasarnya adalah mencari ketenangan dan kedamaian, namun bagaimana jika semua itu justru menjadi sumber ketegangan dan malah memacu adrenalin?  Setelah sempat berulang kali tertunda penayangannya dari tahun 2020 diakibatkan pandemi global, kini A Quiet Place Part 2 akhirnya siap tayang di bioskop pada tahun 2021 ini dan tentunya untuk memuaskan rasa penasaran para penonton setelah film pertamanya terbilang sangat sukses baik secara kualitas cerita ataupun nilai pendapatan box office nya.

SINOPSIS

Mengambil set tak berapa lama setelah film pertamanya berakhir, Evelyn (Emily Blunt) dengan kondisi tempat tinggal yang sudah hancur berusaha untuk mencari tempat tinggal baru bersama putrinya Regan (Millicent Simmonds) beserta dua putranya Marcus (Noah Jupe) dan satu lagi yang masih bayi. Mereka mencoba untuk menjelajahi dunia diluar jalur pasir yang mereka buat hingga akhirnya bertemu dengan Emmett (Cillian Murphy), sahabat dari Lee (John Krasinski) di masa lalu yang juga sedang mencoba bertahan hidup.

Lalu Regan putri tertua keluarga Abbott tanpa sengaja berhasil memecahkan pesan rahasia dari siaran radio, bahwa ada tempat yang aman untuk berlindung, dan berniat untuk mencari lokasi tersebut tetapi ia tahu Ibunya tidak akan mengijinkan ia untuk pergi dan akan lebih mementingkan keselamatan keluarganya secara bersama-sama. Namu pada akhirnya Regan-pun berani untuk bertindak sendiri dan mencoba mencari bantuan di tengah ancaman yang akan mengancam nyawa mereka. Apakah Regan akan berhasil menemukan lokasi zona aman tersebut?Bagaimanakah nasib keluarga Abbott selanjutnya?

REVIEW

John Krasinski pada wawancara dengan majalah Empire di tahun 2018 mengatakan bahwa makhluk yang muncul di film A Quiet Place tidak bernama, ia hanya menyebutkan makhluk tersebut adalah Alien, yang datang dari planet lain, tidak memiliki mata, memiliki tubuh kebal peluru dan sangat sensitif dengan suara.

Sekuel kali ini dibuka dengan flashback adegan pada hari dimana pertama kali alien tersebut datang ke Bumi, yang langsung meluluhlantakkan kota dimana keluarga Abbott tinggal. Lalu cerita dikembalikan ke posisi setelah film pertama berakhir tepatnya 474 hari setelah kedatangan alien tersebut.

Masih dengan formula yang sama dengan area yang diperluas, kengerian yang dihadirkan di film ini memang sangat membekas buat para penonton seperti film pertamanya. Emily Blunt dan Cillian Murphy memang merupakan tokoh utama dari film ini, namun kali ini panggung justru diberikan kepada kedua anak keluarga Abbott yaitu Regan dan Marcus yang akan mencuri perhatian. Dengan screen time yang lebih banyak, kedua karakter tersebut di film ini akan sangat memancing emosi para penonton.

Secara teknis dengan tampilan visual yang sangat sinematik, oleh sinematografer Polly Morgan, pengambilan gambar dan pergerakan kameranya akan memancing rasa penasaran penonton dari setiap scenenya, dan tentunya akan sangat disayangkan jika tidak dinikmati di layar lebar. Belum lagi tata suara pada filmnya yang mampu menjaga setiap momen yang ada. Menurut kami film ini adalah salah satu yang terbaik pada tahun ini.

Untuk kekurangan filmnya mungkin tidak ada hal yang baru di film ini, karena games rules nya masih sama dengan film pertamanya, dan alien yang dihadirkan juga lebih banyak hingga bisa menghilangkan sisi misterius atau justru bisa menambah tingkat keseruan filmnya. Namun semua itu akan tertutupi oleh plot yang akan membuat penonton penasaran dan kaget, lalu kualitas akting mumpuni dari para aktor dan aktrisnya, serta efek visual dan desain produksi yang luar biasa. Ya cukup wajar karena dari budget produksi yang meningkat dari film pertamanya, tentunya kualitas yang dihadirkan akan sangat lebih baik.

SUMMARY


A Quiet Place Part 2 merupakan sebuah sekuel yang seru dan menegangkan, nuansa keheningan di filmnya justru menghadirkan rasa gelisah dan tidak nyaman buat para penonton. Alien di film ini sudah tidak malu-malu buat muncul seperti di film pertamanya hingga semakin menambah intensitas horornya. Akan lebih baik untuk menonton terlebih dahulu film pertamanya bagi yang belum pernah nonton agar lebih akrab dengan para karakter dan dunianya.

Tidak ada after credit scene di film A Quiet Place Part 2, jadi kalian bisa langsung meninggalkan kursi bioskop ketika credit title berlangsung.

Selamat menonton 🙂