BAD SAMARITAN (2018)

Film karya sutradara Dean Devlin ini jadi pembuktian kualitas akting aktor kawakan David Tennant sebagai sang antagonis kejam yang beradu akting dengan aktor muda berbakat Robert Sheehan sebagai Sean.

Film rilisan 2018 ini diarahkan oleh Dean Devlin yang juga pernah menggarap film-film high profile. Bersama dengan Rolland Emmerich, dia pernah menuliskan naskah untuk film-film disaster andalan Emmerich. Mulai dari Indpendence Day beserta sekuelnya, juga Godzilla remake yang pernah dirilis di tahun 1998. Dean Devlin juga pernah membuat film Geostorm yang dibintangi oleh Gerard Butler di tahun 2017 lalu.

Seakan ingin membuktikan dirinya, Dean Devlin ingin membuat sebuah low key flick dengan menggunakan pendekatan thriller di Bad Samaritan ini. Film dibintangi oleh David Tennant, Robert Sheehan, Carlito Olivero, Kerry Condon, hingga Jacqueline Byers. Bad Samaritan akan mengajakmu untuk mengikuti kisah yang cukup menegangkan yang muncul dari ketidaksengajaan seseorang yang juga ingin melakukan kejahatan.

Sean Falco (Robert Sheehan) menjadi karakter utama yang menjalankan cerita di film sepanjang 105 menit ini. Dirinya adalah seorang karyawan parkir vallet di sebuah restoran ternama. Tetapi, di samping pekerjaannya ini, dia ternyata berusaha untuk merampok barang-barang customernya. Hingga bertemulah dia dengan sosok yang terlihat sangat berada. Tentu, Sean dan rekannya, Derek tergiur untuk merampok rumahnya dan menjadikannya misi terakhir.

Sean berusaha untuk menelusuri rumah customer satu ini untuk melihat barang apa yang bisa dia ambil, ternyata Malah menemukan fakta lain. Sean menemukan sosok perempuan yang sedang dibekap di dalam ruangan khusus di rumah itu. Sean berusaha untuk menyelamatkan perempuan tersebut dengan cara yang lain. Tapi, dia harus berhadapan dengan sang customer resto yang ternyata memiliki masa lalu yang sangat kelam dengan perilaku yang jahat.

Dari problematika inilah, ketegangan dimulai. Dean Davlin berusaha untuk melepaskan bayang-bayang dirinya supaya bisa lepas dari comfort zone-nya dalam mengarahkan sebuah genre film. Usahanya di Bad Samaritan ini perlu diapresiasi. Bad Samaritan dipenuhi adegan kucing-kucingan yang bikin jantung berdebar saat Sean mencoba mati-matian menyelamatkan korban. Tanpa perlu banyak bermain dengan visual efek atau cerita dengan cakupan yang besar, Dean Davlin berusaha memanfaatkan keterbatasannya yang ada. Sehingga, penonton bisa merasakan ketegangan atas segala konflik yang sedang berjalan di dalam filmnya.

Menarik untuk menonton Bad Samaritan yang memulai konfliknya dari satu kejadian kecil dari keputusan karakternya. Tetapi, dampaknya bisa menjadi satu konflik yang lebih besar dan lebih luas. Menariknya lagi, Brandon Boyce sebagai penulis naskahnya berusaha untuk menyematkan detail-detail kecil dalam filmnya untuk dijadikan alasan yang lebih masuk akal untuk setiap keputusan dan perilaku karakternya.

Sehingga karakternya perlahan berkembang dan menumbuhkan simpatik para penonton. Hal ini penting untuk ada dalam sebuah film bergenre thriller. Karena dengan adanya hal tersebut, Dean Davlin bisa mengembangkan intensitas filmnya. Membuat penonton bisa merasakan adrenalinnya mengalir saat menonton Bad Samaritan ini dan menumbuhkan rasa penasaran agar penonton bisa mendapatkan jawaban atas apa yang akan ditawarkan dalam konklusi filmnya nanti.

Lewat Bad Samaritan, Dean Davlin sepertinya ingin mencoba mengeksplor perjalanan hidup seseorang yang ingin kembali bersih dari segala tindak kejahatan. Tetapi, pesan itu dikemas dengan menggunakan genre thriller yang menegangkan. Sehingga, penonton seakan bisa menangkap bahwa ini adalah pesan untuk memberikan efek jera bagi orang-orang yang pernah terlibat tindak kejahatan dan tidak kembali melakukan kesalahan yang sama lagi.

Film Bad Samaritan adalah thriller menegangkan penuh kejutan tentang Sean, seorang pemuda yang menemukan wanita korban penculikan di rumah seorang psikopat. Sean pun berusaha membongkar kejahatan sang psikopat yang dengan cekatan berhasil menyembunyikan jejak kejahatannya. Menonton Bad Samaritan di sepanjang durasi akan membuat merasakan segala teror yang dirasakan karakter Sean. Rasa takut dan dihantui di berbagai penjuru membuat film ini cocok bagi kamu yang suka mencari tontonan yang memacu adrenalin.