HUMANS: Rasanya Punya Robot Sebagai Asisten Rumah Tangga

Memiliki asisten rumah tangga di rumah kediaman adalah sebuah privilege untuk manusia dewasa ini. Tapi bagaimana seandainya Anda memiliki asisten rumah tangga sebuah robot dengan wujud seperti manusia di rumah Anda?

Jawabannya dapat Anda saksikan pada serial Humans buah kreasi Sam Vincent dan Jonathan Brackey. Serial asal Inggris berlatar belakang masa depan di saat teknologi artificial intelligence sudah sedemikian canggihnya, sehingga mampu menciptakan robot berwujud manusia yang dinamakan sebagai Synth untuk dimanfaatkan sebagai ‘budak’ untuk membantu manusia di dalam kehidupan sehari-hari.

Humans membuka kisahnya dengan memperkenalkan Joe Hawkins (Tom Goodman-Hill) yang memutuskan untuk membeli sebuah synth perempuan bernama Anita (Gemma Chan). Keputusan itu ditentang oleh istrinya Laura (Katherine Parkinson) dan anak sulungnya Matilda (Lucy Carless) yang sama-sama skeptis dengan keberadaan para synth keluarga mereka. Keberadaan Anita langsung mengubah kehidupan di keluarga Hawkins, termasuk mempengaruhi dua adik Matilda, Toby (Theo Stevenson) dan Sophie (Pixie Davies) yang senang karena merasa dimanjakan dengan keberadaan Anita.

Kehadiran Anita sebagai asisten rumah tangga membawa keteraturan pada keluarga Hawkins, tapi tidak serta merta membawa kebahagiaan pada keluarga yang menyimpan sebuah rahasia ini. Rasa skeptis dan kecurigaan pada para synth yang dirasakan oleh Laura membawa aura serial ini ke dalam zona ketidaknyamanan dalam menontonnya. Tidak hanya Anita, hampir semua karakter synth yang gerak-geriknya teratur dan tanpa ekspresi ini membuat penonton merasa was-was pada apa yang akan terjadi dalam serial berdurasi kurang lebih 45 menit per episodenya ini.

Tidak hanya keluarga Hawkins, plot juga bergerak ke beberapa karakter lain, termasuk lansia pikun Dr. George Millican (William Hurt) yang memiliki hubungan unik dengan synth miliknya yang bernama Odi (Will Tudor), simpati Inspektur Karen Voss (Ruth Bradley) pada masalah rumah tangga Detektif Pete Drummond (Neil Maskell), anak buahnya,  yang merasa iri pada synth yang merawat istrinya yang lumpuh, serta pada sekumpulan synth misterius yang diburu oleh organisasi pemerintah yang memiliki kerahasiaan tinggi.

Dengan begitu banyaknya karakter, 8 episode di musim pertama Humans ini menitikberatkan fokus cerita pada sepak terjang dua synth pelarian, Leo (Colin Morgan) dan Max (Ivanno Jeremiah) yang mencari tiga synth saudara mereka yang diculik oleh pelaku jual beli synth ilegal. Kelima synth ini memiliki rahasia yang mengancam keberlangsungan hidup para synth di tengah manusia, atau sebaliknya justru malah synth yang mengancam kehidupan manusia.

Meski memiliki tempo kalem dan mood yang sendu, Humans sangat konsisten dalam menjaga intensitas ketegangan dalam tiap episodenya. Rahasia-rahasia yang disimpan dalam tiap episodenya diungkap secara baik, lapis demi lapis dalam menjawab berbagai pertanyaan yang timbul dalam tiap pergerakan plotnya. Karakter-karakternya, baik karakter manusia maupun synth juga memiliki karisma dan keunikan tersendiri yang berpotensi membuat penonton bersimpati untuk mendukung mereka.

Konflik keluarga bermasalah yang makin meruncing karena keberadaan robot, rumah tangga suami istri yang terancam bubar karena ketergantungan sang istri pada robot, ikatan emosional majikan pada robot yang menyimpan memori kehidupan sang majikan, serta konflik internal para robot yang kebingungan karena memiliki sifat manusiawi layaknya manusia akibat modifikasi perangkat lunak penciptanya, adalah beberapa plot yang dijamin mampu mengikat penonton untuk sesegera mungkin menyaksikan serial ini sampai habis.

Kritik sosial dan pertanyaan-pertanyaan filosofis tentang eksistensi robot dan manusia, kontroversi sindrom ingin menyamai Tuhan pada usaha ilmuwan dalam menciptakan robot yang manusiawi, hubungan emosional yang timbul dari kedekatan robot dan manusia, serta persoalan hak hidup para robot yang sudah usang mewarnai serial yang memiliki total 24 episode dalam 3 musim penayangannya ini.

Untuk bisa menonton series  “Humans” secara full seasons, penonton bisa berlangganan paket cukup membayar Rp. 12.500 saja. Pembayaran paket bisa melalui transfer bank, credit card dan bisa juga menggunakan OVO. Dengan harga paket tersebut, penonton bisa menonton lewat mobile phone , bahkan bisa juga melalui web browser (Desktop & PC)

Serial yang merupakan adaptasi dari serial asal Swedia berjudul Real Humans karya kreator Lars Lundstrom ini dimotori oleh akting menawan Gemma Chan yang dikenal lewat film Crazy Rich Asians dan Captain Marvel, Katherine Parkinson dari serial komedi I.T. Crowd, serta aktor kawakan William Hurt (The Incredible Hulk, A History of Violence). Tiga musim serial Humans yang seru dan menegangkan ini dapat Anda saksikan secara legal di Indonesia melalui layanan aplikasi streaming Mola TV.