Gold Digger Series (2019) – Pergulatan Masa Lalu dan Pria Misterius

Trauma bisa terjadi dalam fase kehidupan apa pun. Bisa dalam kehidupan keluarga hingga kehidupan bersama pasangan. Hidup dengan trauma di masa lalu juga bisa jadi hal yang tidak nyaman. Hal ini yang terjadi dalam kehidupan keluarga Day. Sebuah keluarga yang sudah tak lagi utuh dan setiap anggotanya menjalani kehidupannya masing-masing.

Lika-liku kehidupan keluarga Day ini tersaji dalam series milik BBC berjudul Gold Digger. Setiap problematika keluarga ini dirangkum dalam setiap episode yang menceritakan setiap fragmen cerita dari para karakternya. Di setiap kepingan cerita ini, narasi utamanya tetaplah pada Julia Ormond yang berperan sebagai Julia Day.  Tapi, di setiap episode-nya, ada kisah lain dari para karakter yang masih berhubungan dengan Julia.

Mini series ini hanya terdiri dari 6 episode dengan durasi setiap episode-nya sekitar 53 menit. Menceritakan tentang kehidupan Julia yang diumurnya ke 60 tahun harus hidup sendiri karena kehidupan rumah tangganya yang gagal. Tapi, suatu ketika, di hari ulang tahunnya, dia bertemu dengan seorang pria yang membuatnya penasaran. Dia adalah Benjamin, seorang laki-laki yang umurnya jauh di bawah Julia.

Pertemuan pertamanya dengan Benjamin di sebuah museum ternyata cukup membekas. Hingga akhirnya, mereka berdua sepakat untuk menjalani hubungan yang lebih dekat. Tetapi, ada banyak pihak dari sisi Julia yang curiga dengan kehadiran Benjamin. Terutama ketiga anaknya yang takut trauma Julia di kehidupan sebelumnya akan muncul dan membuat Julia lebih sengsara.

Narasi pertama episode pertama dari miniseries ini langsung memperlihatkan sebuah keadaan yang berantakan di masa sekarang dari karakter Julia. Tentu, lalu penonton dibawa ke sebuah cerita sebelumnya. Menelusuri kehidupan Julia Day dan karakter-karakter lainnya yang konflik secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan karakter Julia.

Dibutuhkan perhatian yang cukup karena di episode pertama, ada banyak sekali cerita yang ingin disampaikan. Mengenalkan karakter-karakter di series ini dengan segala problematika hidupnya ini butuh proses yang lama. Menarik sebenarnya untuk mengenali karakter-karakternya dengan konflik serta muncul beberapa fragmen adegan tentang memori masa lalu yang membuat mereka semua memiliki trauma yang sama.

Trauma-trauma inilah yang mempengaruhi keputusan karakternya untuk mengambil sikap dengan adanya orang baru, terutama karakter para keluarga Julia Day. Penonton akan diajak untuk mengikuti segala prasangka tentang karakter Benjamin Greene sebagai plot utamanya. Setelah itu, barulah mengarungi berbagai macam kejadian-kejadian masa lalu yang berusaha untuk diselesaikan satu persatu. Barulah, mereka mulai berusaha untuk menerima perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar mereka.

Memang, konflik di dalam plot miniseries ini terjadi dalam scoop kecil. Sebuah drama sabun yang sudah mengerti siapa audience-nya yang bakalan menonton film ini. Tapi, mini series ini juga masih menarik untuk diikuti bagi orang yang tidak beririsan dengan targetnya.

Ada berbagai misteri yang berusaha ditempelkan di dalam setiap adegannya. Memberikan beberapa anomali yang bisa membuat penontonnya memberikan persepsi sendiri terhadap karakternya. Ikut gemas dengan apa yang terjadi selanjutnya. Tabir kehidupan seperti apa yang akan dibuka karena setiap episode-nya memberikan fokus ke satu persatu karakter pendukungnya yang sesuai dengan judulnya.

Performa dari Julia Ormond juga bisa memberikan simpati penontonnya. Julia Ormond berhasil menciptakan karakter Julia yang juga bingung harus berbuat apa dengan kehidupan barunya yang penuh risiko. Bahkan, bisa jadi karakter Julia ini mewakili apa yang dirasakan oleh penontonnya. Bingung harus berpihak kepada siapa. Muncul fakta-fakta baru yang mungkin dia percaya tapi bisa jadi patah karena penjelasan baru lagi dari karakternya.

Mengikuti problematika yang disajikan dalam miniseries Gold Digger ini memang perlu kesabaran. Sabar untuk akhirnya mengetahui apa sih yang akan terjadi di akhir episode-nya. Sabar untuk mencari tahu kebenaran yang sesungguhnya. Tetapi, itulah poin menariknya dari Gold Digger. Sehingga, bisa saja jadi terserap untuk mengikuti lika liku kehidupan Julia Day dan semua orang-orang yang ada di sekitarnya.