YESTERDAY (2019) – DUNIA TANPA MUSIK “THE BEATLES”

Apa jadinya jika pada suatu hari seluruh orang di dunia melupakan atau tidak mengingat sama sekali suatu hal yang sangat penting dan bersejarah dan secara kebetulan hanya anda yang ingat akan hal tersebut? Tentunya akan membuat bingung dan aneh serta bertanya-tanya sebenarnya apa yang terjadi dengan dunia ini. Inilah sekilas premis yang coba diangkat oleh sang sutradara Danny Boyle (Trainspotting, 28 Days Later, Slumdog Millionare) dan Richard Curtis (Notting Hill, Bridget Jones’s Diary, Love Actually) sang penulis naskah film Yesterday yang bakal tayang di bioskop Indonesia pada 28 Juni 2019.

SINOPSIS

Film asal British ini mengisahkan Jack Malik (Himesh Patel) seorang musisi amatir dari kota kecil bernama Suffolk yang memiliki impian menjadi terkenal namun tidak pernah sukses dalam hidupnya, dengan dibantu teman sedari kecilnya sekaligus berperan sebagai managernya yaitu Ellie Appleton (Lily James) yang selalu setia memberikan dukungan dan semangat kepada Jack dalam usaha meraih mimpinya. Pada suatu malam ketika Jack memutuskan untuk berhenti mengejar mimpinya tersebut, ia mengalami kecelakaan akibat ditabrak bus dalam perjalanan pulang ke rumah dan berakhir dirawat di rumah sakit.

Tak berapa lama setelah dirawat, Ellie beserta teman-teman terdekat Jack mengunjungi dan memintanya untuk menyanyikan lagu untuk menghibur mereka. Jack akhirnya menyanyikan lagu “Yesterday” milik band The Beatles dan teman-temannya merasa takjub serta terpukau dengan lagu tersebut dan mengaku baru mendengar lagu itu pertama kalinya. Jack pun heran dan penasaran hingga mencari tahu ternyata tidak pernah ada The Beatles di dunia ini, kesempatan itu digunakan Jack untuk mengubah nasibnya dengan cara menyanyikan lagu-lagu The Beatles yang ia ingat dan berhasil membuatnya sukses. Namun kini Jack dihadapkan dengan persoalan lain seperti perasaan bersalah akan lagu yang bukan ciptaannya, lalu hubungan dengan Ellie yang mulai renggang dan beberapa masalah lainnya. Bagaimana Jack menghadapi masalah-masalah tersebut? Apakah dunia bisa kembali mengingat The Beatles?

REVIEW

Yesterday  bisa dibilang merupakan film komedi musikal dengan sedikit fantasi didalamnya, lagu-lagu yang digunakan disepanjang film juga familiar di telinga hingga penonton bisa menikmati nostalgia bersama The Beatles. Beberapa komedi ringan khas British seperti ledekan atau pelesetan kata-kata dan kejadian-kejadian yang tidak terduga bisa menghibur dan membuat tertawa penonton.

Dari sisi sinematografi seperti pengambilan lokasi pengambilan gambar cukup indah dan memberikan gambaran kepada penonton mengenai seperti apa keadaan kota-kota di sisi timur Inggris, sedangkan chemistry pemain utama Himesh Patel dan Lily James sangatlah lucu dan unik pada film Yesterday, walaupun kadang  tampak off pada beberapa adegan, lalu pemain pendukung seperti Ed Sheeran sangat mencuri perhatian di film ini, Ed mampu tampil jenaka dalam memerankan dirinya sendiri.

Lalu yang menjadi inti cerita pada film ini adalah bagaimana hubungan romansa antara Jack dan Ellie yang secara tidak langsung dapat ditangkap pada poster filmnya. Memang pada sepanjang filmnya kita akan dibawa ke dalam momen-momen bersejarah dan latar belakang tentang beberapa lagu-lagu The Beatles, namun selain merupakan tribute atau penghormatan kepada musik dan para personil The Beatles semua hal yang ditampilkan tersebut pada akhirnya bermuara kepada kisah Jack dan Ellie.

Overall, Yesterday selain merupakan film yang mengajarkan tentang perjalanan hidup dalam menghadapi berbagai cobaan, film ini juga menyenangkan serta menghibur sekaligus bisa dinikmati para penonton, apalagi bagi yang mau bernostalgia sambil menikmati lagu-lagu hits The Beatles.

YESTERDAY TAYANG DI BIOSKOP INDONESIA MULAI 28 JUNI 2019.