THE SECRET LIFE OF PETS 2 (2019) – KEMBALINYA PARA HEWAN PELIHARAAN YANG LUCU DAN MENGGEMASKAN

Studio animasi Illumination Entertainment (Despicable Me dan Sing) pada tahun 2019 ini kembali merilis film terbarunya yang merupakan sekuel dari franchise The Secret Life of Pets yang dimana memulai debutnya pada tahun 2016 silam. Tidak heran sekuel ini dibuat dikarenakan film pendahulunya bisa dikatakan sukses besar dengan budget sekitar 75 juta dollar, film ini mampu menghasilkan pendapatan kotor sebesar 875 juta dollar.

Sutradara dan penulis naskah The Secret Life of Pets 2 masih dipercayakan kepada orang yang bertanggung jawab pada kesuksesan film sebelumnya yaitu Chris Renaud (kali ini bersama Jonathan de Val) dan Brian Lynch, sekuel kali ini masih bercerita tentang kehidupan Max (disuarakan oleh Patton Oswalt) sang anjing Terrier yang menjadi karakter utama di film ini, dimana ia harus menghadapi perubahan lingkungan ketika majikannya Katie menikah dan memiliki seorang anak bernama Liam, dari yang awalnya Max sangat tidak mengharapkan kehadiran Liam dan pada akhirnya mulai bersahabat serta menyayangi Liam seiring berjalannya waktu.

Dalam perjalanannya The Secret Life of Pets 2 akan terbagi menjadi tiga sub-plot, dari petualangan Max dan Duke pada saat liburan bersama majikannya ke sebuah perternakan hingga bertemu Rooster (disuarakan oleh Harrison Ford) sang anjing penggembala, lalu di tempat lain ada petualangan Gidget  si anjing Pomeranian dan Chloe si kucing dalam mengambil mainan favorit Max yang tidak sengaja terlempar ke sebuah apartemen yang penuh dengan kucing-kucing aneh, dan terakhir kelinci pemberani Snow Ball membantu Daisy si anjing Shih Tzu membebaskan seekor harimau putih bernama Hu dari tempat sirkus yang menyeramkan.

Dari sisi cerita tingkah lucu dan kelakuan konyol dari para hewan peliharaan yang menggemaskan di The Secret Life of Pets 2 masih menjadi nilai jual pada film ini dan tentunya juga kemunculan beberapa karakter baru menarik seperti Daisy, Rooster dan Hu tentunya akan menambah bumbu cerita, konflik dan petualangan. Sedangkan barisan pengisi suaranya seperti Patton Oswalt, Jenny Slate, Tiffany Haddish hingga Kevin Hart berperan sangat baik dalam memerankan setiap karakter, dialog-dialog mereka juga sangat menghibur buat penonton remaja maupun anak-anak. Dari sisi CGI pada sekuel kali ini peningkatan kualitas animasi sangat terasa sekali dari pergerakan para hewan yang semakin smooth dan detail-detail seperti bulu hewan, tumbuhan serta desain kota yang cerah dan penuh warna-warni cukup baik sekali dibandingkan dengan seri pendahulunya.

Hampir semua karakter hewan pada The Secret Life of Pets 2 memiliki trailer sendiri pada masa promosi filmnya, jika penonton mengikuti dan menonton trailernya hampir semua adegan lucu dan konyol pada film ditampilkan di trailer hingga mengurangi ekspetasi pada filmnya, sedangkan plot bercabang yang pada pertengahan film mungkin akan membuat bingung penonton dalam menangkap cerita yang menjadi fokus utamanya.

Overall, The Secret Life of Pets 2 yangberdurasi 86 menit ini mungkin akan tidak terlalu berkesan bagi penonton dan mudah terlupakan namun film ini memiliki pesan yang baik mengenai keberanian, kerja sama tim dan saling menolong sesama sahabat. Oh ya, pada credit scene akan ditampilkan beberapa video lucu para manusia dan hewan peliharaannya lalu dilanjutkan dengan Snowball si kelinci menyanyikan lagu “Panda” karya rapper Desiigner.

The Secret Life of Pets 2 akan ada sneak preview pada 8 Juni, dan rilis mulai 14 Juni 2019 di bioskop.