THE INFORMER (2019): PERAN GANDA YANG HARUS DIJALANI OLEH PETE KOSLOW

The Informer merupakan sebuah film drama thriller kriminal yang disutradarai oleh Andrea Di Stefano, film ini merupakan film kedua yang ia sutradarai setelah sebelumnya pada tahun 2014 menyutradarai Escobar: Paradise Lost (2014).

Film ini mengisahkan Pete Koslow (Joel Kinnaman) yang dalam kehidupannya menyimpan rahasia kehidupan dirinya sehari-sehari yang ternyata adalah seorang agen FBI yang menyamar sebagai pengedar narkoba jaringan grup Polandia dengan maksud ingin menangkap gembongnya yang berada di kota New York, dengan mengikuti arahan atasannya Wilcox (Rosamund Pike), Koslow sebenarnya sudah sedikit lagi berhasil menuju akhir misi penyamaran ini. Namun takdir berkata lain, ketika jebakan sudah disiapkan untuk menangkap gembong narkoba tersebut, seorang polisi NYPD yang juga menyamar terbunuh saat bertugas dan sialnya Koslow juga sedang berada di tempat yang sama, sehingga menyebabkan operasi penangkapan berantakan dan batal. Bak sudah jatuh tertimpa tangga, Koslow dikorbankan oleh FBI dan akhirnya ia diinstruksikan oleh jaringan narkoba Polandia untuk masuk penjara untuk membantu mengedarkan  narkoba di dalam penjara. Belum lengkap dengan kejadian sial tersebut kini iapun juga diburu oleh polisi NYPD yang mencari pembunuh rekan satuannya. Bagaimanakah nasib Koslow selanjutnya? Mampukah ia bertahan hidup dan melewati kejadian ini?

Film rilisan Warner Bros Pictures U.K. dan Aviiron Pictures ini merupakan adaptasi dari novel Three Seconds karya  Anders Roslund dan Borge Hellström yang diterbitkan pada tahun 2009. Penulis secara pribadi belum pernah membaca novelnya, namun penceritaan yang diarahkan oleh Di Stefano cukup terarah dengan baik disepanjang film dan terlihat cenderung bermain aman, walaupun latar belakang karakter utama kurang jelas diceritakan di dalam filmnya.

Peran utama yang dilakoni oleh Joel Kinnaman yang pernah bermain di film RoboCop Reboot (2014) dan Suicide Squad (2016) mampu membawakan karakternya yang hidupnya sedang berada di ujung tanduk dan berusaha mencari jalan keluar, Joel Kinnaman bermain cukup apik di film ini walaupun tidak ada sesuatu yang spesial dari aktingnya. Disamping itu juga di film ini juga dibintangi beberapa aktor dan artis terkenal seperti Rosamund Pike, Clive Owen, Ana de Armas dan Common.

Film ini dalam perjalanannya akan membuat penonton mengikuti alur ceritanya yang cukup menarik karena akan dibuat penasaran dengan nasib akhir dari si karakter utama dan beberapa adegan pada filmnya juga dibuat dramatis dan cukup realistis dengan keadaan dunia hukum dan kriminalitas yang terjadi di dunia nyata. Sutradara film Alfredo Di Stefano sebenarnya lebih terkenal sebagai seorang aktor dibandingkan sebagai sutradara, tercatat dia pernah bermain di film terkenal Eat Pray Love (2010) dan Life of Pi (2012).

Overall, film dengan durasi 113 menit ini cukup menarik untuk ditonton walaupun tidak terlalu banyak adegan aksi dan lebih menawarkan thriller kepada para penonton, terlebih jika kalian menggemari jenis film Undercover Police seperti The Departed (2006), Donnie Brasco (1997), Beyond The Law (1993) dan lain-lain, film The Informer harus ditonton oleh moviegoers dan dinikmati di bioskop.

THE INFORMER SEGERA TAYANG DI BIOSKOP SEPTEMBER 2019.