Mudik (2020) – Kecelakaan dan Keputusan-Keputusan

Berdasarkan data dari Kementrian Perhubungan, dilansir dari Tribunnews, kecelakaan yang terjadi selama arus mudik pada tahun 2019 berjumlah 220 kasus. Dari kasus sebanyak itu, 90 orang meninggal dunia. Orang-orang seharusnya bersuka cita menyambut Lebaran bersama keluarga di kampung halaman masing-masing, yang terjadi malah sebaliknya. Dan kasus tersebut selalu ada setiap tahun.

Salah satu persoalan dalam film “Mudik” kurang lebih seperti itu. Sepasang suami istri yang tengah mempunyai konflik, Aida (Putri Ayudya) dan Firman (Ibnu Jamil) memutuskan untuk pulang kampung. Di tengah perjalanan mereka mengalami kejadian tak terduga, sebuah kecelakaan yang menewaskan suami Santi (Asmara Abigail). Mereka harus menghadapi konsekuensi atas apa yang terjadi tersebut. Dan bagi Aida, perjalanan mudik ini menjadi awal mula perjalanan lain yang ia pilih.

Dengan durasi hampir satu setengah jam, “Mudik” menjadi film yang padat berisi. Rasanya tidak ada adegan dan dialog yang terbuang percuma. Kekuatan lain dalam film ini tentu akting yang mumpuni dari deretan pemainnya: terutama akting Putri Ayudya, sebagai seorang istri yang tertekan dengan berbagai tuntutan, Asmara Abigail, dengan duka mendalamnya atas kepergian tiba-tiba sang suami. Dan musik yang digubah Lie Indra Perkasa sebagai latar cerita berhasil mengiringi tiap adegan tersebut dengan sangat pas.

Aida adalah perempuan pada umumnya: seorang istri yang diposisikan harus membahagiakan suami. Begitu sang suami tidak merasakan hal itu, maka konflik pun muncul. Begitupun Santi, perempuan biasa yang menunggu suaminya pulang ke rumah. Tapi ia harus menghadapi kenyataan menyakitkan. Lebaran kali ini, kedua perempuan tersebut mengambil keputusan yang akan mengubah kehidupan mereka selamanya.

Film Mudik berkompetisi di International Film Festival & Awards Macao (IFFAM) yang keempat pada Desember 2019 dan CinemAsia Film Festival pada Maret 2020 lalu.

“Mudik” adalah karya film panjang kedua sutradara Adriyanto Dewo setelah jeda cukup panjang dari “Tabula Rasa” (2016). Namun kali ini ia juga membawa bendera Relate Films yang ia dirikan awal 2018 bersama sang Produser, Perlita Desiani, selain tentunya masih bekerjasama dengan Lifelike Pictures. “Mudik” menjadi film pertama bagi Relate Films dan film keenam bagi Lifelike Pictures.

Film “Mudik” mulai bisa disaksikan secara luas mulai tanggal 28 Agustus 2020 eksklusif hanya di Mola TV. Ini merupakan film Indonesia pertama yang premier di platform tersebut, sebagai awal kerjasama dengan Lifelike Pictures untuk mendukung industri film Indonesia. Kerjasama ini berlangsung hingga tahun 2022 mendatang dan nantinya juga akan dirilis beberapa series.

Idul Fitri menjadi hari kemenangan bagi orang-orang yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Hari kemenangan juga bagi Aida dan Santi atas keputusannya masing-masing.