LONG SHOT (2019) – FILM KOMEDI SATIR MENGENAI POLITIK DENGAN BUMBU PERCINTAAN

Long Shot merupakan film komedi romantis yang disutradarai oleh Jonathan Levine yang dikenal lewat film (50/50, Warm Bodies dan Rush). Film Long Shot merupakan film fitur kedelapan yang ditanganinya, dan ini merupakan pertama kalinya Seth Rogen dan Charlize Theron bermain bersama di dalam satu film.

Sinopsis:

Film ini bercerita tentang Fred Flarsky (Seth Rogen) seorang jurnalis yang idealis namun gemar menggunakan bahasa yang kasar dan vulgar dalam membuat sebuah artikel. Fred bekerja di sebuah media dimana ia bisa mengekspresikan tulisan secara leluasa dan memberikan kritik, hingga pada suatu hari perusahaan tempat ia bekerja diakuisisi oleh sebuah media besar dimana Fred mengetahui pemilik media tersebut bermaksud untuk menguasai seluruh media agar mudah menggiring opini masyarakat, karena hal tersebut Fred memutuskan untuk mengundurkan diri dan berusaha mencari kerja ditempat lain. Karena Fred tidak memiliki tempat tujuan ia berkunjung ke tempat sahabat baiknya yang bernama Lance (O’Shea Jackson Jr.) dan ia memiliki ide untuk mengajak Fred ke konser Boyz II Men untuk menghilangkan rasa penatnya.

Di lokasi konser Fred tak sengaja bertemu dengan cinta pertamanya yang dulunya merupakan tetangganya dan sempat menjadi pengasuh ketika Fred masih kecil, wanita itu bernama Charlotte Field (Charlize Theron) yang ternyata sekarang sudah menjadi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat. Merekapun bertemu dan bertukar informasi, dan Charlotte Field memiliki niat untuk maju sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat, dan kebetulan membutuhkan seorang penulis pidato untuk keperluan kampanye. Setelah membaca artikel-artikel yang Fred tulis, Charlotte pun tertarik untuk menggunakan jasanya untuk membantunya di masa kampanye. Apakah Charlotte Field berhasil melaksanakan kampanye dengan bantuan Fred dan berhasil mencapai tujuannya?

Review:

Naskah film Long Shot yang ditulis oleh Dan Sterling serta Liz Hannah memang penuh berisi humor satir dan beberapa referensi pop culture, sindiran-sindiran terhadap sistem politik dan kondisi kepemimpinan di Amerika Serikat serta kritik kepada negara-negara lain terhadap isu keberpihakan akibat pengaruh pihak eksternal di luar pemerintahan serta isu gender equality maupun rasisme disampaikan secara gamblang di film ini.

Diluar pesan tersebut film ini juga menyelipkan kisah percintaan unik kedua karakter utamanya, peran Seth Rogen dengan ciri khas seorang geek, candaan satir dan sikap keras kepala seperti yang pernah kita lihat di film-film yang pernah dia bintangi sebelumnya sedangkan Charlize Theron yang selama ini kita kenal selalu berakting serius di film action dan drama juga bermain cukup apik dan menawan di film komedi ini dengan membawakan peran sebagai seorang wanita yang ambisius serta memiliki berbagai kepentingan dan mempunyai harga diri yang mesti dipertahankan. Kombinasi keduanya cukup memiliki chemistry untuk membuat penonton tersenyum hingga tertawa dan kadang-kadang membuat kita iba terhadap situasi percintaan yang mereka jalani disepanjang film ini.

Overall, film Long Shot dengan durasi 124 menit ini akan terasa panjang untuk dinikmati sebagian penonton dan tidak semua orang akan mudah memahami lelucon serta sindiran yang disampaikan di film ini, namun momen-momen lucu yang ditampilkan Seth Rogen dan Charlize Theron dalam film ini tidak boleh kalian lewatkan karena hubungan mereka yang kelewat unik dan konyol.

Film Long Shot tayang di bioskop Indonesia mulai 3 Mei 2019.