DETECTIVE PIKACHU (2019) – FILM LIVE ACTION PERTAMA DARI FRANCHISE POKéMON

Diangkat dari sebuah video games populer berjudul Detective Pikachu di platform Nintendo 3DS lahirlah sebuah film live-action Pokémon pertama yang disutradarai oleh Rob Letterman (Goosebumps (2015), Gulliver’s Travel (2010), Monsters vs Aliens (2009) dan Shark Tale (2004). Film ini menampilkan karakter ter-ikonik dari Pokémon yang tidak lain adalah Pikachu yang merupakan spesies fiksi yang terinsipirasi dari seekor tupai, dimana makhluk berbulu kuning ini memiliki kekuatan listrik.

Film ini bercerita tentang Tim Goodman (Justice Smith) yang dibesarkan oleh neneknya mendapatkan kabar tentang ayahnya Harry seorang polisi yang sudah lama tak ia temui menghilang secara misterius ketika menyelidiki sebuah kasus di Ryme City sebuah kota modern dimana manusia dan Pokémon hidup berdampingan secara normal.

Rasa penasaran Tim akhirnya membawa ia ke apartemen ayahnya untuk mencari petunjuk mengenai misteri ini berujung pertemuan dengan makhluk Pikachu (Ryan Reynolds) si Pokémon berbulu kuning yang ternyata adalah partner ayah Tim ketika hilang dalam menyelidiki kasus, namun ada sedikit kejanggalan ketika Tim bisa berbicara dan berkomunikasi bahasa yang diucapkan oleh Pikachu karena dalam dunia Pokémon hewan-hewan ini pada dasarnya tidak bisa berbicara layaknya manusia, dan Pikachu sendiri mengalami lupa ingatan di malam kejadian tersebut dan menawarkan bantuan kepada Tim untuk mencari ayahnya sekaligus mengumpulkan memori ingatannya. Apakah Tim bisa menemukan ayahnya dengan dibantu Pikachu? Misteri apa yang terjadi pada film ini?

Faktor terbesar yang mempengaruhi film ini adalah bagaimana interaksi dua arah antara Justice Smith dan Ryan Reynolds dimana mereka mengeksekusinya dengan sangat baik, dimana ketika bagian jokes dan kerjasama mereka saling melengkapi satu sama lain. Penampilan Kathryn Newton (Lady Bird (2017), Paranormal Activity 4 (2012) dalam memerankan karakter Lucy Stevens  sang reporter magang di film ini kurang begitu menawan dan terlihat biasa saja sebagai aktris pendukung.

Dari sisi CGI desain kota modern Ryme City, Arena Pertarungan Pokémon beserta detail hewan Pokémon cukup mengesankan. Sedangkan untuk naskahnya yang dikerjakan secara keroyokan terasa agak tidak terlalu dalam dan konflik yang ditampilkan juga terlihat sederhana yang mungkin dikarenakan film ini memang ditujukan untuk segala umur dengan anak-anak yang menjadi fokus utamanya.

Overall, Film Detective Pikachu mengangkat tema persahabatan dan keluarga serta keberanian, bagi penggemar franchise Pokémon film ini akan menghilangkan rasa dahaga akan film live-actionnya yang sudah ditunggu sejak lama, ditambah dengan hewan-hewan menggemaskan yang muncul di sepanjang film ini yang tentunya membuat anak-anak tertarik untuk menonton dan ceritanya juga ringan untuk di konsumsi.

Film Detective Pikachu tayang di bioskop Indonesia mulai tanggal 8 Mei 2019.