The Wedding Guest – Kisah Seseorang Pria Yang Gagal “Move On”

The Wedding Guest a.k.a Literally, Right Before Aaron merupakan debut film panjang pertama sebagai sutradara Ryan Eggold sekaligus yang menulis naskah filmnya dimana para penonton lebih mengenal ia sebagai seorang aktor untuk TV series seperti (90210, The Blacklist) dan film yang tidak asing ditelinga penonton seperti BlacKkKlansman yang sempat memenangkan satu kategori Oscar (Best Adapted Screenplay) dan beberapa nominasi lainnya.

Film drama komedi ini bercerita tentang Adam (Justin Long) yang mendapatkan undangan dari mantan kekasihnya Allison (Cobbie Smulders) dimana mereka sebelumnya berpacaran hampir selama 8 tahun, hingga pada suatu hari mereka akhirnya memutuskan untuk berpisah walaupun tidak secara baik-baik.

Undangan dari Allison tersebut justru membuka luka lama Adam yang ternyata belum bisa move on dari kenangan masa lalunya, belum lagi pria yang akan menjadi pasangan Allison ternyata adalah orang yang baru dikenal setahun belakangan bernama Aaron (Ryan Hansen) bukan itu saja Allison secara langsung juga berharap Adam bisa hadir di acara pernikahannya . Niat untuk merebut hati Allison kembali dan mencoba menggagalkan pernikahan akhirnya timbul di diri Adam, dari datang ke kota tempat Allison tinggal hingga meng-stalking kegiatan Allison sehari-hari dan mencoba menghubunginya serta bertemu kembali. Apakah Adam bisa meyakinkan Allison untuk kembali merajut kasih dengannya? Atau Allison tetap akan menikah dengan Aaron?.

Di film ini juga terdapat beberapa supporting cast yang terkenal seperti John Cho (Star Trek Series, Searching) Kristen Schaal (My Spy, Toy Story)  dan Luiz Guzman (Boggie Nights, Narcos) yang bisa menjadi daya tarik buat menonton filmnya, adegan-adegan komedi yang ditampilkan di film ini memang dihadirkan oleh para supporting cast di atas agar filmnya tidak melulu diisi oleh drama percintaaan. Ryan Eggold dalam debutnya sebagai seorang sutradara tentunya masih terdapat kekurangan, seperti jalan cerita yang monoton dan porsi drama dan komedinya yang terasa kurang berimbang. Namun untuk ukuran debut film ini masih sangat bisa dinikmati, dari petualangan dan kelucuan Adam memperjuangkan cinta lamanya dan tentunya rasa sedih yang ia alami selama hidupnya serta keputusan-keputusan bodoh yang diambil oleh Adam semuanya akan ditampilkan secara lengkap di film ini.

Film ini bisa menjadi inspirasi bagi penonton yang mungkin kesulitan dalam melupakan eks kekasih ataupun mantan pacar atau mungkin yang pernah memiliki pengalaman yang sama dalam kehidupan sehari-hari. Intisari yang harus diambil tentunya dari sisi positif yang dihadirkan bukan dari sisi negatif pada cerita di film ini. Dari film ini penonton juga bisa belajar bagaimana cara mengatasi masalah hidup yang dihadapi, dan penonton juga diajak untuk berpihak kepada siapakah? Apakah Adam ataukah Allison.

Salah satu yang menjadi catatan pada film The Wedding Guestadalah dalam penceritaannya hanya berfokus dari pihak pria yang diwakilkan oleh Adam, sedangkan dari cerita dari sisi Allison kurang begitu digali, tentu akan lebih berimbang jika dari pihak wanita juga diceritakan secara mendetail di film ini. Penonton juga akan diajak berpetualang untuk mengenal lebih lanjut kepribadian Adam, setelah ia berpisah dengan Allison. Mengenai masalah yang harus dihadapi sehari-hari, bagaimana menghadapi kenangan masa lalu dan mencoba untuk bertahan dari berbagai macam masalah yang akan dihadapi oleh Adam.

Film The Wedding Guest kini sudah bisa disaksikan secara streaming melalui Mola TV