FIVE FEET APART (2019)

Merupakan film drama romantis yang diangkat dari novel karangan Rachael Lippincot dengan judul yang sama, Five Feet Apart mengisahkan Stella (Haley Lu Richardson) dan Will (Cole Sprouse) yang ditakdirkan bertemu di tempat yang tak lazim pada umumnya yaitu di rumah sakit, Stella dan Will berada di rumah sakit tersebut bukan karena mereka mengidap sesuatu kelainan genetika  langka yang dalam dunia medis disebut “cystic fibrosis” dan umumnya menyerang organ paru-paru yang berakibat menghasilkan lendir atau dahak berlebih serta infeksi pada paru-paru. Di film ini diceritakan Will adalah seorang pasien pengidap “cystic fibrosis” yang baru rumah sakit untuk menjalani perawatan dimana Stella sudah bertahun-tahun menjadi pasien di rumah sakit tersebut. Pasien “cystic fibrosis” mempunyai aturan “six foot rule” yaitu sesama pasien “cystic fibrosis” tidak boleh saling berdekatan dalam jarak 6 kaki atau 180 cm untuk menghindari terjadinya penularan bakteri antar penderita yang dapat berakibat fatal kepada nyawa mereka.

Film ini disutradarai oleh Justin Baldoni namanya mungkin akan terdengar asing, Five Feet Apart adalah film feature pertamanya karena ia lebih sering membuat documenterdan mini-series. Ia juga dikenal sebagai Rafael di serial televisi Jane The Virgin. Sedangkan penulis scenario diserahkan kepada Mikki Daughtry dan Tobias Iaconis yang juga merupakan debut mereka, film horor The Curse of La Llorona yang akan rilis di bioskop pada bulan April 2019 ceritanya juga ditulis oleh mereka.

Karakter Stella disini diceritakan adalah wanita yang selalu semangat, ceria serta selalu mengikuti peraturan yang ia buat dan segala sesuatunya mesti rapi dan bersih sedangkan Will adalah pria yang memilki karakter sangat berlawanan dengan Stella, tidak mau mengikuti peraturan dan pesimis. Namun Will mampu menarik perhatian Stella, hingga Stella berniat membantu dan menyemangati Will untuk mengikuti program penyembuhan secara rutin dan berhasil membangkitkan semangat Will untuk sembuh dari penyakitnya. Dalam perjalanannya di film ini, akhirnya keduanya jatuh hati walaupun mereka memiliki keterbatasan karena peraturan “six foot rule” tersebut. Apakah kisah percintaan mereka bisa bertahan? Mampukah Will dan Stella mengalahkan penyakit yang mereka alami?

Chemistry yang ditampilkan Haley dan Cole disini sangat memegang peranan penting di film ini, dan akting mereka pada film ini bisa dikatakan cukup baik mengingat mereka selama ini hanya sering tampil di serial televisi, mereka bisa menunjukkan bahwa di film ini memang tertarik satu sama lain dan mengajak penonon untuk merasakan manis dan pahitnya jatuh cinta dengan segala keterbatasan yang mereka miliki sepanjang film.

Overall, jika pembaca sudah pernah menonton The Fault In Our Star (2014) dan serial televisi Jepang 1 Litre no Namida (2005) yang mengangkat tema yang sama dengan film ini mungkin penonton akan antipati apakah film akan berakhir dengan kebahagian atau kesedihan, dengan durasi 116 menit penulis merasa film ini akan mampu dinikmati para penonton dikarenakan setiap kelanjutan dan pergantian scene dapat membuat penonton penasaran akan akhir ceritanya serta mendapatkan edukasi mengenai “cystic fibrosis”.

Five Feet Apart tayang di bioskop mulai 15 Maret 2019.