Film ‘PEREMPUAN TANAH JAHANAM’ Terus Terpilih Di Festival-Festival Internasional Bergengsi Dan Menembus Pasar Dunia Di Tengah Pandemi

Film PEREMPUAN TANAH JAHANAM yang dikenal juga dengan judul internasional IMPETIGORE melewati tahun 2020 di tengah situasi pandemi terus terpilih di festival-festival film internasional bergengsi dan tayang di berbagai negara menembus pasar dunia. Terbaru, di bulan Oktober ini, IMPETIGORE yang disutradarai dan ditulis skenarionya oleh Joko Anwar diundang untuk tayang di salah satu festival film terbesar untuk genre horor dan fantasi, Sitges Film Festival 2020.

Festival Internacional de Cinema Fantàstic de Catalunya atau yang dikenal sebagai Sitges Film Festival akan berlangsung tanggal 8 Oktober – 18 Oktober 2020 di Sitges, Catalunya, Spanyol. Sitges Film Festival adalah salah satu festival film terbesar untuk genre horor dan fantasi selain diantaranya Bucheon International Fantastic Film Festival dan Imagine Amsterdam Film Festival. IMPETIGORE akan tayang dalam Panorama Fantàstic, salah satu program di Sitges yang menampilkan film-film fantasi atau horor terseleksi dari berbagai negara. Film terbaik pilihan penonton di program ini akan memenangkan The Grand Audience Awards. Karena diadakan dalam masa pandemi, maka festival ini menggelar pemutaran filmnya dengan dua cara, offline dan online. Pemutaran online akan dilakukan di kanal streaming Shift72 yang juga menjadi kanal pilihan SXSW dan Cannes Film Festival.

Sebelum Sitges Film Festival, di awal tahun 2020, setelah menembus Sundance Film Festival 2020, IMPETIGORE berturut-turut tayang di International Film Festival Rotterdam di Belanda, Goteborg Film Festival di Swedia, UDINE Far East Film Festival di Italia, Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) di Korea, L’Etrange Festival di Prancis, MOTELX Lisbon International Horror Film Festival di Portugal, dan SLASH Festival des Fantastischen Films di Austria. IMPETIGORE juga mendapatkan penghargaan Melies International Festival Federation (MIFF) Asian Award sebagai Best Asian Film di Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) 2020. Tidak berhenti sampai di sini, IMPETIGORE masih akan diputar lagi di beberapa festival film berskala internasional lainnya.

Selain berprestasi di sirkuit festival film, IMPETIGORE juga akan tayang di bioskop Thailand mulai tanggal 8 Oktober 2020 nanti. Sebelum Thailand, Impetigore lebih dahulu ditayangkan di bioskop di negara Malaysia, Brunei Darussalam, Hong Kong, Singapura, dan Taiwan. Untuk pasar Amerika Utara dan Inggris, IMPETIGORE bisa ditonton di layanan streaming Shudder yang khusus menayangkan film-film horor dan thriller.

Pencapaian ini mengukuhkan posisi Joko Anwar sebagai salah satu sutradara terbaik Indonesia yang karyanya bisa meraih pasar global. Tidak hanya di berbagai festival film, namun juga di pasar penonton bioskop dan layanan streaming yang lebih luas.

Di dalam negeri, IMPETIGORE atau PEREMPUAN TANAH JAHANAM masih bisa ditonton di kanal streaming GoPlay, dan masih terus mendapatkan nominasi dari berbagai penghargaan. Salah satunya, Ibu Christine Hakim yang mendapatkan nominasi sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terpuji di Festival Film Bandung. Paling baru, PEREMPUAN TANAH JAHANAM terpilih sebagai salah satu dari 12 film yang lolos kurasi dan akan dinilai untuk penentuan nominasi pada Festival Film Indonesia 2020.