Age Out (2018) – Kisah Pemuda Yang Mencari Jati Diri

Apa sih yang bakal kamu lakuin di umur 18 tahun? Setiap orang mungkin akan menjawab dengan hal yang berbeda-beda sesuai dengan preferensi mereka masing-masing. Begitu pula yang dialami oleh Richie (Tye Sheridan), di usianya yang ke 18 tahun dia memilih untuk menentukan hidupnya sendiri. Setelah lama tinggal di sebuah panti asuhan, dirinya memutuskan untuk tinggal sendiri. Kehidupan Richie tentu tak mudah, dia harus bertahan hidup untuk membayar tempat tinggalnya dan kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Banyak kejadian dalam hidupnya yang membuat Richie harus bertahan. Seperti terjebak dalam sebuah kasus pembunuhan yang menimpa pemilik tempat Richie tinggal. Hal ini membuat dirinya harus berpindah ke tempat tinggal lain dan harus tetap mengikuti prosedur investigasi dari kasus pembunuhan tersebut. Di tempat lain, dia bertemu dengan Swim (Caleb Landry Jones) yang mengajaknya untuk melakukan tindakan kejahatan. Tidak hanya itu saja diwaktu bersamaan Richie juga dekat dengan seorang perempuan bernama Joan (Imogen Poots) yang baru saja ditinggal pergi oleh suaminya.

Richie adalah karakter yang ada di film Age Out yang diperankan oleh Tye Sheridan serta disutradarai oleh A.J. Rewards. Selain itu, film ini juga dibintangi oleh Imogen Poots dan Caleb Landry Jones. Tetapi, yang menarik adalah sutradara satu ini sering sekali terlibat dengan film-film milik Terrence Malick. Menjadi editor dari film-film Terrence Malick seperti Song to Song, Knight of Cups, dan To The Wonder.

Dengan rekam jejak yang dimiliki sang sutradara, tentu akan terpengaruh ke dalam apa yang disajikan di layar. Age Out mungkin secara premis memiliki kisah remaja penuh ambisi dalam hidupnya namun terjebak dalam lingkungan yang salah. Dan penanganan A.J. Edwards dalam menyampaikan kisah ini tentu berbeda dari biasanya.

Ada cara bertutur non-naratif yang berusaha disematkan di dalam filmnya. Hal ini bertujuan untuk menimbulkan suasana melankolis yang akan membawa penontonnya untuk menikmati konflik di dalam film ini secara perlahan. Bukan penuh ketegangan, tetapi A.J. Edwards berusaha untuk menjadikan film ini semacam medium untuk merenungkan segala kisah Richie. Apa yang terjadi di dalam karakter Richie bisa saja menjadi pelajaran agar tidak terjadi di kehidupan nyata. Menyelami apa yang dialami oleh Richie dari segala sisi, dari dalam diri, dan dari lingkungan sekitar, hingga faktor-faktor lain yang memutuskan untuk menentukan sikap tersebut.

Sehingga, menarik memang menilik karakter Richie dengan pendekatan film seperti ini. Membuka segala kemungkinan apa yang terjadi dengan karakter utamanya. Menunggu apa yang terjadi selanjutnya dan ternyata seiring berjalannya waktu, karakter Richie ini semakin kompleks. Butuh waktu untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di dalam karakter Richie karena tak ada emosi yang meluap-luap.

Karakter Richie bisa diibaratkan sebagai sebuah botol yang tertutup, kita tak tahu apa yang sedang terjadi di dalamnya. Dari luar, mungkin dia terlihat baik-baik saja. Tinggal menunggu waktu yang pas saja, kapan botol emosi ini akan terbuka dan meluapkan segalanya. Dan ternyata benar, ada banyak konflik yang ditutupi di dalam Age Out. Seiring berjalannya durasi film, A.J. Edwards baru bisa mengeluarkan emosi serta konfliknya. Hal ini lah yang membuat setiap karakternya terasa lebih kompleks.

Perjalanan Richie dalam menjalani kehidupannya yang penuh lika-liku ini mungkin tak akan berhasil apabila Tye Sheridan tak menjalankannya dengan baik. Tye Sheridan mampu memberikan performa yang berhasil menerjemahkan segala kebingungan yang dialami oleh Richie sebagai seorang remaja berusia 18 tahun. Karena dia harus mengalami banyak kejadian dalam hidupnya dan dirinya tidak bisa mengendalikan hal tersebut.

Jadi, menonton Age Out adalah sebuah perjalanan narasi visual yang melankolis tetapi berjalan dengan menarik. Bisa dibilang film ini adalah film coming of age yang mengajak penontonnya untuk menilik karakter Richie dengan cara yang lebih menarik meski konfliknya sudah ada di beberapa film dengan genre yang sama. Menikmati Age Out ini harus dengan penuh persiapan karena penontonnya akan diajak secara perlahan untuk menyelami karakter Richie hingga akhirnya bisa menemukan dasar hatinya. Age Out dapat disaksikan di Mola TV.