About A Woman (2015): Kisah Janda Yang Lama Hidup Sendiri Dari Sutradara Lovely Man

Nama dari Teddy Soeriaatmadja sudah tidak asing lagi bagi kamu penggemar film beliau yang berjudul Lovely Man (2012). Di tahun 2015 Teddy membuat sebuah film berjudul About A Woman. Film ini menceritakan tentang seorang janda berusia 65 tahun yang baru saja ditinggalkan pembantunya bernama Elly. Lalu ada Bimo menantu dari si Oma/Ibu yang mengirimkan anak dari saudaranya yang bernama Abi, untuk menemani serta membantu Oma/Ibu. Abi sendiri baru saja lulus SMA dan ia adalah seorang remaja yang masa pubernya sedang bergejolak. Pertemuan antara Oma/Ibu dengan Abi yang awalnya canggung ternyata semakin lama semakin saling tertarik antara satu sama lain.

Film About A Woman tayang perdana di Singapore International Film Festival 2014. Untuk penayangan secara reguler di Indonesia memang tidak pernah direalisasikan dan di tahun 2020 film ini masuk ke dalam layanan streaming online atau OTT. Melalui film ini, Teddy masih memberikan pesan secara verbal maupun non-verbal yang menjadi poin pada setiap filmnya yaitu agama, kemunafikan hingga seksualitas seperti dua film sebelumnya yang berjudul Something In The Way dan Lovely Man.

Alasan pertama tertarik menonton About A Woman yaitu faktor aktris senior ibu Tutie Kirana yang konon kabarnya “tidak biasa” berakting di film ini. Dan itu benar adanya, kekuatan film ini memang berasal dari beliau.

Dari 3 poin yang disebutkan diatas tertuang didalam beberapa adegan pada film ini, seperti karakter Laras yang menggunakan hijab namun masih merokok walaupun Ibunya sudah sering menegur kenapa bisa-bisanya seorang yang menutupi aurat tetapi masih saja rutin merokok 3 batang sehari. Selain itu, dikeseharian Ibu/Oma yang tidak lupa untuk menjalankan ibadah secara rutin namun di suatu titik masih membutuhkan hasrat untuk melampiaskan “kesendirian”nya selama ini. Dan terakhir, bagaimana seorang sosok remaja yang masih bergejolak dalam masa pubernya tidak sungkan untuk melampiaskan hasratnya bahkan mengagumi orang lebih tua hanya setelah melihat dari foto masa remaja dari Ibu/Oma.

Diantara 9 film dari Teddy Soeriaatmadja, film About A Woman harus diakui dari segi ide cerita cukup menarik walaupun secara keseluruhan masih ada yang mengganjal di hati. Penampilan aktris senior Ibu Tutie Kirana yang bermain di film ini sangat apik, maka tidak heran jika beliau juga menjadi salah satu nominasi pemain utama terpilih dalam ajang penghargaan Piala Maya 2015 silam. Selain Ibu Tutie Kirana, ada juga Ringgo Agus Rahman, Anneke Jodi hingga Randy Ahmad yang ikut bermain di film About A Woman. Buat kamu yang belum sempat menonton produksi dari Karuna Pictures ini, rasanya wajib kalian tonton About A Woman jika sudah menonton Lovely Man dan Something In The Way. Nikmati, rasakan dan temukan sendiri pengalaman dari menonton film ini.