6 Underground (2019) – Film Action “Meledak” Ala Michael Bay

Ke mana Michael Bay di tahun 2019 kemarin?

Setelah lama berurusan dengan Transformers: The Last Knight di tahun 2017, Michael Bay setelah itu menyiapkan project film action terbaru bareng dengan Ryan Reynolds. Film ini adalah 6 Underground yang bukan dirilis di bioskop, melainkan untuk langsung dirilis via Netflix. Budget film ini juga cukup fantastis untuk film yang dirilis langsung ke streaming provider. Bahkan, film ini juga cukup laris kala itu sebagai film original dari Netflix.

Selain dengan Ryan Reynolds, di film 6 Underground ini juga dibintangi oleh beberapa nama baru yang cukup menjanjikan. Ada Ben Hardy, Dave Franco, Adria Arjona, Melanie Laurent, Corey Hawkins, dan Manuel Garcia-Rulfo. Naskah dari film ini ditulis oleh Paul Wernick dan Matt Rhese yang juga pernah menulis buat Deadpool dan Zombieland. Sebuah kolaborasi yang menarik seharusnya untuk tahu bagaimana Michael Bay mengarahkan naskah dari mereka berdua.

Ternyata, Michael Bay tetaplah jadi Michael Bay…

Kekuatan dari Michael Bay dalam mengarahkan filmnya ya memang dengan adegan-adegan eksplosifnya. 6 Underground miliknya ini memang memberikan tontonan film action yang penuh akan tabrakan, ledakan, dan tembak-tembakan layaknya film Michael Bay seperti biasanya. Yang berbeda adalah bagaimana 6 Underground menuturkan ceritanya dibanding dengan film-film Michael Bay yang terlebih dahulu.

Sentuhan narasi yang lebih goofy dan interaktif untuk mengenalkan setiap karakternya yang banyak sekali ini, menjadi poin yang membuat berbeda. 6 Underground punya 6 pion karakter yang ingin merebut simpati penontonnya. Keenam karakter ini harusnya menjadi kunci penting bagi penonton untuk bisa mengikuti kisahnya yang merentang hingga 126 menit.

Kisahnya adalah tentang 6 orang yang bergabung dalam satu squad dengan misi-misi yang penting. Mereka berusaha untuk tidak terdeteksi dengan banyak orang di sekitarnya. Sehingga, ketika melakukan aksi, mereka tak akan lagi dapat ditemui identitasnya. Mereka mengklaim dirinya telah meninggal sehingga semua rekam jejaknya pun ikutan berhenti. Bahkan, mereka pun tak ingin menggunakan nama asli mereka untuk menyebut satu sama lain.

Maka dari itu, mereka menyebut mereka sesuai dengan angka. Ada One (Ryan Reynolds), Two (Melanie Laurent), Three (Manuel Garcia-Rulfo), Four (Ben Hardy), Five (Adria Arjona), Six (Dave Franco), dan tambahan player untuk menggantikan Six yaitu Seven (Corey Hawkins). Mereka memiliki misi untuk membebaskan Murat (Payman Maadi) yang ingin membuat perubahan di negara Turgistan. Tapi dirinya harus ditahan oleh saudaranya sendiri, Rovach (Lior Raz).

Dengan enam karakternya, Michael Bay lupa untuk memberikan simpati kepada karakternya. Dengan banyak karakter, tapi penonton tak ada yang tertarik dengan kisah-kisah latar belakang mereka. Padahal, yang dilakukan olehnya adalah berusaha untuk menceritakan semua karakternya agar tak terkesan sia-sia. Tapi, effort yang dilakukan oleh Michael Bay pun rasanya kurang maksimal.

Michael Bay sepertinya terlalu fokus untuk memberikan sekuens aksi yang lebih besar dari yang dia pernah buat. Itu pun, di 30 menit pertama, Michael Bay hanya memberikan kepuasan mata saja. Sekuens aksinya memang terlihat sangat besar tetapi tak ada tensi yang bisa dirasakan oleh penontonnya. Yang ada malah semuanya terasa melelahkan. Sekuens aksinya hanya sebagai penambah durasi agar filmnya terasa penuh.

Satu jam pertama di film 6 Underground mungkin terasa berputar-putar sendiri. Terlebih ketika menggunakan alur maju mundur yang penuturannya kurang kuat sehingga terasa berantakan. Beruntung, kisah durasi bertambah, satu jam terakhir di film 6 Underground jalan cerita membaik dan seru untuk dinikmati. Misi yang mereka lakukan sudah mulai jelas. Sehingga, bisa ikut merasakan bagaimana perjuangan mereka untuk membebaskan Murat dari tempat tahanannya.

Final battle-nya pun menarik. Seperti mencampurkan segala referensi dari film-film dia terdahulu ke dalam satu film ini. Setidaknya satu jam terakhirnya masih memberikan hiburan untuk penonton yang mencari film-film dengan penuh aksi layaknya film Michael Bay yang lain. Meskipun, ada beberapa penggabungan musik hingga komedi yang kurang mulus.

6 Underground mungkin tidak sempurna sebagai tontonan penuh hiburan namun dengan sekuens aksi yang megah ini merupakan sebuah film yang layak untuk ditonton.